Wapres RI: Kemitraan Publik dan Swasta Mendukung Mengatasi Ketahanan Pangan

id wapres ri, kemitraan publik, dan swasta, mendukung mengatasi, ketahanan pangan

Wapres RI: Kemitraan Publik dan Swasta Mendukung Mengatasi Ketahanan Pangan

Jakarta, (Antarariau.com) - Dalam upaya pembenahan di bidang pangan dengan mewujudkan peningkatan produksi dan produktivitas pangan, pemerintah Indonesia selaku pemrakarsa mendirikan Kemitraan Pertanian Berkelanjutan Indonesia (Partnership for Indonesias Sustainable Agriculture- PISAgro).

Kemitraan Pertanian Berkelanjutan Indonesia (Partnership for Indonesias Sustainable Agriculture- PISAgro) merupakan kemitraan publik-swasta yang bertujuan mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi isu ketahanan pangan nasional dengan cara meningkatkan produksi komoditas pertanian secara berkelanjutan dan meningkatkan penghidupan para petani kecil serta pada saat yang bersamaan menurunkan emisi gas rumah kaca.

Demikian Wakil Presiden RI Jusuf Kala menerangkan ketika memberi arahan sekaligus membuka acara yang bertema : Inovasi rantai nilai sektor Agro dalam mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk petani di gedung Kartika Expo Center Balai Kartini Jakarta,senin (23/5).

Terdapat 8 komoditas pertanian yang dikembangkan PISAgro ke seluruh daerah di Indonesia. Komoditas ini terdiri dari kelapa sawit, kakao, susu, jagung, beras, kedelai, kentang dan kopi PISAgro memiliki 13 anggota yang terdiri dari sejumlah perusahaan nasional dan internasional, LSM serta organisasi internasional, yang bekerjasama dengan Forum Ekonomi Dunia dalam mewujudkan Visi Baru bagi Pertanian Berkelanjutan.

Acara teraksana atas kerja sama Kadin, ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indoneaia) dan PISAgro, yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kala, Menko Ekoin , Menkeu, Ketua KADIN beserta pengurus, Ketua ISEI, Para Pengusaha Perkebunan, LSM dan Organisasi lainnya.

Usai acara dilakukan penandatangan simbolis Perjanjian Kemitraan Petani Swadaya Kelapa sawit peserta program inovasi pembiayaan antara “PT.Buana Wiralestari Mas diwakili Direkturnya Franciscus Costan dan Para Petani Swadaya/Koperasi Petani Sawit Berkat Ridho diwakili H.Misdan” dengan diketahui Bupati Kampar H.Jefry Noer, dalam rangka : Program inovasi rantai nilai sektor Agro dalam mendukung implementasi Financial Inclusion untuk petani.

(ADV)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016