Pemadaman Listrik Bergilir Pekanbaru Diperpanjang Hingga Akhir Bulan

id pemadaman listrik, bergilir pekanbaru, diperpanjang hingga, akhir bulan

Pemadaman Listrik Bergilir Pekanbaru Diperpanjang Hingga Akhir Bulan

Nella Marni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perusahaan Listrik Negara area Kota Pekanbaru menginformasikan bahwa pihaknya akan melakukan pemadaman bergilir hingga akhir bulan (30/5) ini, dikarenakan adanya peningkatan penyedian energi listrik ke pada pelanggan.

"Dalam rangka meningkatkan pelayanan penyedian energi listrik ke pada pelanggan, maka PT PLN (Persero) Area Pekanbaru dan Rayon Bangkinang, akan melakukan pekerjaan pemeliharaan jaringan," ujar Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Pekanbaru, Al Azhar, di Pekanbaru, Rabu.

Lebih lanjut dikatakannya, pemadaman listrik bergilir tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, Minggu, Rabu, dan Kamis (25-30) Mei 2016 mendatang.

Pemadaman tersebut dilakukan selama tiga jam perhari untuk Rabu dan Kamis (25-26), kemudian jadwal pemadaman terbagi dua bagian, pada pukul 09.00 - 12.00 WIB, dan 13.00 - 16.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu (28/5) pada pukul 09.00-15.00 WIB, dan Senin (30/5) 08.00-12.00 WIB serta 13.00-16.00 WIB.

"Untuk melakukan pemeliharaan rutinitas pada gardu induk, maka kami terpaksa mematikan listrik secara bergilir, dan pemeliharaan kali ini sudah sampai pada tahap total," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk jadwal dan waktu manajemen beban dapat berubah sewaktu - waktu sesuai kondisi Trafo daya Gardu Induk. Atas terganggunya kelancaran pasokan listrik, kami mohon maaf kepada seluruh pelanggan PLN.

Sebelumnya PT PLN area Pekanbaru juga sudah menginformasikan bahwa pihaknya tengah melakukan pemeliharaan jaringan pada gardu induk Teluk Lembu, yang mengharuskan dilakukannya pengurangan atau manajemen beban dan pemadaman bergilir mulai 21-27 Mei 2016 mendatang.

"Untuk pemeliharaan total memang harus kita lakukan pemadaman listrik, karena jika tidak bisa membahayakan teknisi yang bekerja. Pemeliharaan yang tengah dilakukan seperti isolator, trafo, connecting jaringan, pengecekan minyak trafo, dan lain sebagainya," katanya.

Disampaikan Azhar, selain untuk pemeliharaan jaringan yang dilakukan secara rutin agar tidak rusak, pihaknya sengaja mengejar pengerjaan selesai sebelum Ramadhan. Akan tetapi, saat ditanyakan apakah bulan puasa nanti tidak ada lagi pemadaman bergilir? Ia hanya bisa menjawab tidak bisa menjamin.

"Untuk akan tidak ada lagi pemadaman listrik selama Ramadhan, saya tidak menjaminnya, karena jika kami berjanji lalu terjadi, tentu masyarakat marah. Yang jelas sekarang kami kerjakan dulu tugas pemeliharaan jaringan rutinitasnya. Karena listrik bisa mati dikarenakan beberapa akibat, seperti kabel yang ditimpa pohon, atau angin kencang, namun kami berharap semoga saja tidak ada," jelasnya.

Ia menegaskan, dari pihak PLN area Pekanbaru tidak ada menjadwalkan akan ada pemadaman listrik selama bulan Ramadhan.