Pemkab Inhu Sediakan Alat Berat Untuk Masyarakat Berdasarkan Dapil DPRD

id pemkab inhu sediakan alat berat untuk masyarakat berdasarkan dapil dprd

Pemkab Inhu Sediakan Alat Berat Untuk Masyarakat Berdasarkan Dapil DPRD

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau akan menyediakan sejumlah kendraan alat berat untuk dipergunakan membantu berbagai kepentingan masyarakat.

"Saya usahan dua unit setiap daerah pemilihan sesuai aspirasi, jika mendapatkan dukungan DPRD," kata Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto di Rengat, Rabu.

Bupati mengatakan, konsep yang digunakan untuk program ini adalah "belanja alat berat untuk rakyat" yang bakal mulai dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.

Pemerintah menyediakan, namun semua pihak harus memberikan dukungan khususnya DPRD Indragiri Hulu sehingga proses pegadaannya tidak bermasyarakat, ini sudah menjadi pertimbangan khusus yang dapat membantu peningkatan ekonomi warga.

"Karena bsa digunakan untuk berbagai hal seperti perbaikan irigasi, kurangi dampak banjir, buat jalan desa," sebutnya.

Ia menjelaskan, alat berat milik rakyat sebanyak dua set jenis Excavator, Grader, Vibro dan Terado tersebut akan diposkan di masing - masing Dapil, sedangkan perawatannya akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

"Penempatan itu untuk mempermudah mobilisasi," ujarnya.

Karena letak wilayah sangat berjauhan sebut Bupati, kebijakan untuk ditempatkan di sejumah lokasi akan sangat tepat dan membantu memperkecil biaya operasional dan bahkan mempersingkat waktu jika dibutuhkan mendadak.

Bupati menjelaskan, antara lain kegunaan alat berat itu untuk perbaikan insfrastruktur jalan kecamatan, pembangunan jalan antar desa, pemutusan daerah terisolir antar desa dan cuci parit kebun rakyat, pembangunan parit tersiar kebun rakyat serta hingga manfaat pembukaan lahan kebun rakyat tanpa budaya bakar lahan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) B DPRD Indragiri Hulu Suharto mengapresiasi rencana belanja alat berat untuk rakyat, namun tidak untuk disalah gunakan.

"Pembeliannya harus melalu proses yang benar," pintanya.

Pada dasarnya, ujar Suharto bahwa setiap ada aspirasi masyarakat akan lebih di utamakan, namun demi untuk kepentingan bersama dan rakyat yang benar - benar membutuhkan yang bernilai ekonomi.