20 Bus TransMetro Pekanbaru Dikerahkan Untuk Layani Penumpang dari Bandara

id 20 bus, transmetro pekanbaru, dikerahkan untuk, layani penumpang, dari bandara

20 Bus TransMetro Pekanbaru Dikerahkan Untuk Layani Penumpang dari Bandara

Oleh Muhammad Said

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui dinas perhubungan, komunikasi dan informasi menyebut, sekitar 20 unit bus Trans Metro Pekanbaru atau TMP dalam waktu dekat, segera melayani penumpang di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.

"Mungkin sekitar akhir Mei ini akan kita realisasikan bus TMP masuk bandara, sesuai permintaan dari pengelola," papar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Angkutan Perkotaan Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 20 unit bus TMP dan akan dioperasikan pada wilayah bandara setempat sebagai sarana angkutan umum massal dari total dihibahkan 50 unit bus oleh Kementerian Perhubungan.

Sementara ini, dishubkominfo setempat telah menyiapkan trayek di Koridor yakni Pelita Pantai-Jalan Jenderal Sudirman-Bandara SSK II-Jalan Kaharuddin Nasution-Jalan Pasir Putih-Perumnas Pandau pergi pulang yang memungkinkan untuk dimasuki.

"Ini hanya untuk sementara saja, sebab kita perlu waktu untuk menyusun ulang koridor lain agar melewati bandara. Kedepannya terutama pada trayek yang memungkinkan masuk bandara akan kita lakukan," terangnya.

Wisnu berujar, bahkan pihaknya sudah melakukan uji coba beberapa kali dengan memberikan pelayanan bagi para calon penumpang atau penumpang pesawat lansung masuk bandara setempat.

"Pekan ini, sudah kita uji coba masuk bandara. Memang tidak semua penumpang pesawat yang naik karena mereka masih bingung karena keheranan, melihat bus-bus TMP masuk bandara," terangnya.

"Tapi, akhir bulan ini mulai kita operasikan karena berbagai persiapan telah dilakukan," tegas Wisnu.

General Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait mengku, para penumpang pesawat di bandara setempat membutuhkan moda transportasi angkutan massal di daerah tersebut.

Selama ini, lanjutnya, pengelola bandara setempat masih mengandalkan transportasi umum jenis taksi sebagai alat transportasi, selain mobil pribadi untuk mengantarkan para calon penumpang atau penumpang pesawat.

"Kita sudah coba untuk lemparkan kembali wacana beroperasinya bus Trans Metro Pekanbaru dengan trayek bandara setempat, karena tahun ini Pemko Pekanbaru dapat hibah 50 unit bus dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Jaya mengatakan, operasional bus TMP dengan trayek Bandara Internasional SSK II sangat diperlukan untuk saat ini, mengingat baru satu moda transportasi publik yang tersedia.

Padahal saat ini bandara setempat telah berstatus sebagai bandara internasional dengan melayani penumpang di waktu normal sekitar 7.500 orang setiap hari dari 70 lebih penerbangan baik dalam maupun luar negeri.

"Kebetulan kali ini ditanggapi oleh pemerintah daerah dan pihaknya sedang melakukan pembahasan secara intensif dengan Pemko Pekanbaru yang dibantu Pemerintah Provinsi Riau," terang dia.