Wisuda Santri MDA Teluk Kuantan Timbulkan Kemacetan Panjang

id wisuda santri mda teluk kuantan timbulkan kemacetan panjang

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Wisuda ribuan santri Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, berlangsung semarak, namun disisi lain menimbulkan gangguan lalulintas berupa kemacetan hingga empat jam.

"Kendaraan yang datang sangat banyak seentara daya tampung kendaraan di lokasi acara minim," kata Wandi, orang tua santri di Teluk Kuantan, Kamis.

Kemacetan diperparah dengan adanya pembangunan jembatan tugu Carano yang terletak tidak jauh dari tempat acara.

Antrian kendaraan mencapai dua kilo meter, lebih diperparah pada posisi pembangunan jembatan dimana pihak kontraktor tidak membuat jembatan pembantu untuk mengurangi kerawanan dan kemacetan lalu lintas.

Pada wisuda yang diikuti 5.473 santri yang wisuda berasal dari dari 253 MDA se-Kuansing itu, hadir memadati tempat digelarnya acara bahkan ribuan mobil terparkir dikiri kanan jalan hingga lebih satu kilo meter.

Bupati Kuantan Singingi Sukarmis mengatakan, kegiatan wisuda santri sudah lama digelar dan kali ini untuk kegiatan ke X, yang diharapkan akan berlangsung secara terus menerus di daerah itu.

"Saya bangga atas digelarnya program wisuda santri ini," ujar Bupati.

Bupati menyebutkan, ribuan santri yang di wisuda setiap tahun menunjukan bahwa semakin tingginya kesuksesan pengelolaan MDA yang tentunya perlu diapresiasi.