Terminal BPRS Pekanbaru Belum Diambil Alih Kemenhub Tahun ini, Kenapa?

id terminal bprs, pekanbaru belum, diambil alih, kemenhub tahun, ini kenapa

Terminal BPRS Pekanbaru Belum Diambil Alih Kemenhub Tahun ini, Kenapa?

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Direktorat jendral Perhubungan Darat kementrian Perhubungan menyampaikan bahwa sampai saat ini pengambilalihan pengelolaan terminal Tipe A masih dalam tahap inventarisasi.

"Masih diinventarisir tahun ini, 2017 mungkin kita operasikan sambil ditata per tahap," kata Dirjen perhubungan Darat Kemenhub, Puji Hartanto pada kesempatan Musyawarah Kerja Nasional Organisasi Angkutan Darat di Pekanbaru, Minggu.

Dia mengatakan hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Mentri Perhubungan dimana terminal Tipe A akan dioperasionalkan pusat. Hal tersebut mengingat banyaknya terminal di daerah-daerah yang tidak berfungsi dengan maksimal.

Menurutnya kebanyakan tidak berfungsi karena lokasinya yang jauh dari pusat keramaian. Selain itu juga berbagai persyaratan yang belum dipenuhi oleh terminal ataupun armada yang ada di lokasi.

"Masyarakat masih senang terminal di tempat yang ramai," imbuhnya.

Meski begitu, masyarakat tidak bisa dipaksakan karena hal itu merupakan suatu pilihan memilih moda transportasi. Oleh sebab itulah, perusahaan angkutan darat diminta untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga bisa beralih.

Seperti halnya armada yang tidak layak yang tidak memenuhi uji kelaikan jalan serta sudah tidak sesuai standar lagi janganlah beroperasi. Itu mengacu pada standar minimal pelayan yakni kebersihan, kenyamanan, dan keamanan.

"Yang namanya tidak memenuhi standar pelayanan minamal tidak boleh beroperasi. Masyarakat juga jangan mau naik, taip karena terbatas terpaksa juga," ungkapnya.

Di Kota Pekanbaru sendiri ada Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) yang juga akan diambil alih. Terminal itu berdiri di lahan seluas 27 hektare dan terpakai hanya tujuh hektare terletak di pinggiran kota. Saat ini masih dikelola Pemerintah Kota Pekanbaru.

Tapi pengelola tidak mampu menjadikan kawasan tersebut menjadi hidup dan berkembang dengan pertumubuhan ekonominya karena operator bus lebih nyaman menaikkan dan menurunkan penumpang di pull bus masing-masing terletak di dekat dengan kota.