Kejari Bagan Siapiapi Berubah Nama Menjadi Kejari Rohil

id kejari bagan, siapiapi berubah, nama menjadi, kejari rohil

Kejari Bagan Siapiapi Berubah Nama Menjadi Kejari Rohil

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau saat ini berubah nama menjadi Kejari Rohil.

"Perubahan nama ini berdasarkan Keputusan Jaksa Agung nomor : kep-349/A/JA/05/2016 tertanggal pada 13 Mei 2016. Setidaknya ada sembilan Kejaksaan di Provinsi Riau yang berubah nama," kata Kepala Kejari Rohil Bima Suprayoga didampingi Kasi Intelijen Sri Odit Megonondo.

Perubahan nama itu ditandai dengan penandatangan Prasasti oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau Susdiyarto Agus Praptomo di Aula Kejati Riau, Senin (30/5) pukul 09.00 WIB.

Ia menjelaskan, meskipun berubah nama, namun untuk anggaran tidak ada perubahan.

"Perubahan nama ini merupakan Keputusan Jaksa Agung sehingga akan menjadi jelas wilayah hukum kami adalah Rokan Hilir," kata Bima.

Perubahan nama tersebut juga menyesuaikan nama Pemerintahan Daerah dalam hal ini Kabupaten Rokan Hilir serta lebih mendekatkan diri pihak kejaksaan Rohil kepada masyarakat.

"Nama baru tentunya semangat baru juga bagi kita untuk menegakkan hukum di wilayah Rokan Hilir," tuturnya.‎

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan segera menggantikan plang nama di kantor Kejari yang terletak di Kawasan perkantoran Batu Enam, Bagansiapiapi.

"Kalau sekarang masih nama lama dan secepatnya kita ganti dalam minggu ini," sebutnya.

Adapun sembilan Kabupaten yang berubah nama diantaranya Kejari Bagansiapiapi menjadi Kejari Rokan Hilir, Kejari Pasir Pengaraian menjadi Kejari Rokan Hulu, Kejari Teluk Kuantan menjadi Kejari Kuansing, Kejari Selat Panjang menjadi Kejari Meranti, Kejari Siak Sri Indrapura menjadi Kejari Siak, Kejari Tembilahan menjadi Kejari Indragiri Hilir, Kejari Rengat menjadi Kejari Indragiri Hulu, Kejari Pangkalan Kerinci menjadi Kejari Pelalawan dan Kejari Bangkinang menjadi Kejari Kampar.

Sedangkan tiga kabupaten/kota tidak berubah karena sudah sama dengan nama Kabupaten dan Kota tempat pemerintahannya seperti Kejari Pekanbaru, Dumai dan Bengkalis, namun ketiga Kajari 3 kabupaten/kota ini hadir dalam acara saat itu. (Adv)

Oleh Dedi Dahmudi