BMKG Rekomendasi Status Siaga Darurat Karlahut Riau Diperpanjang, Ini Alasannya

id , bmkg rekomendasi, status siaga, darurat karlahut, riau diperpanjang, ini alasannya

  BMKG Rekomendasi Status Siaga Darurat Karlahut Riau Diperpanjang, Ini Alasannya

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sugarin, mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi agar status siaga darurat kebakaran diperpanjang.

Meski begitu, prakiraan musim kemarau pada tahun ini masih tergolong normal karena kekuatan El Nino tidak terlalu besar.

"Dampak dari El Nino tidak terlalu besar sehingga tidak terjadi kekeringan yang berkepanjangan maupun cuaca panas ekstrim seperti tahun lalu. Tapi lebih baik diperpanjang statusnya untuk benar-benar menjamin tidak ada kebakaran," kata Sugarin di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, dari temperatur muka laut didapatkan bahwa pada perairan Indonesia bertambah hangat sehingga potensi hujan masih ada, meski pada musim kemarau. Hanya saja, intensitas hujan diprakirakan mencapai 150 mililiter per bulan pada Juni dengan peluang terjadi 10-20 persen. Kondisi tersebut akan berlangsung sampai bulan November.

"Dengan begitu, per hari intensitas hujan yang terjadi hanya sekitar 50 mililiter dan itu kemungkinan tidak cukup untuk membasahi lahan gambut. Dengan hembusan angin bertiup dari Selatan ke Timur Laut dan Utara, maka kalau kebakaran sekali hembus saja sudah mencapai negara tetangga. Jadi keputusan perpanjangan status siaga darurat adalah yang paling tepat," kata Sugarin.