Bupati Rohil: Pulau Terluar Jadi Program Prioritas, Perlu Bantuan Pusat

id bupati rohil, pulau terluar, jadi program, prioritas perlu, bantuan pusat

Bupati Rohil: Pulau Terluar Jadi Program Prioritas, Perlu Bantuan Pusat

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menegaskan, Pulau Terluar menjadi program prioritas namun untuk membangun daerah tersebut dibutuhkan suntikan dana dari pusat.

"Salah satu cara untuk mendapatkan dana dari pusat tersebut yakni melalui program KB yang saat ini pencanangannya sedang digalakkan di Kecamatan Batu Hampar," kata Suyatno di Bagansiapiapi, Senin.

Bupati menilai, apabila program tersebut berhasil dijalankan maka pemerintah pusat akan memberikan penghargaan berupa suntikan dana untuk pembangunan.



"Saya harapkan kerjasama Dinas Kesehatan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Badan Pemberdayaan Wanita Rohil bisa menggerakkan kaum ibu supaya mau ikut KB dan terciptanya keluarga cukup dua anak di Rokan Hilir, khususnya diwilayah pencanangan program ini," pintanya.‎



Lebih lanjut Bupati menyebutkan bila berhasil dan Rohil mendapatkan dana dari pusat, maka anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun wilayah perbatasan, seperti sarana pelayanan umum, layanan kesehatan, rumah ibadah dan sarana lainnya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.‎

"Sekarang ini Rohil mengalami defisit anggaran yang begitu besar. Maka dana dari pusat sangat diharapkan agar pulau terluar yang menjadi program prioritas ini bisa dibangun," sebut Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Rohil Wazirwan Yunus menambahkan, pihaknya saat ini tengah gencarnya menarik dana dari pusat untuk pembangunan di wilayah perbatasan.

"Kita sedang berupaya dan memang tahun ini program yang ada ditunda karena defisit dan berkurangnya dana alokasi kusus dari pusat. Tahun 2017 kita akan mengupayakan agar bisa dibangun berbagai sarana di wilayah perbatasan," katanya. (Adv)