Pasarkan Produk UMKM Binaan, Disperindag Riau Gandeng Hotel Dafam

id pasarkan produk, umkm binaan, disperindag riau, gandeng hotel dafam

Pasarkan Produk UMKM Binaan, Disperindag Riau Gandeng Hotel Dafam

Oleh Diana Syafni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Riau menggandeng Hotel Dafam untuk memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah setempat.

"Kita melakukan MoU atau nota kesepahaman dengan Hotel Dafam dalam rangka memasarkan produk-produk UMKM binaan kita," kata kepala Disperindag Provinsi Riau, Muhammad Firdaus kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Disperindag Riau sedang gencar-gencar memasarkan produk UMKM daerah setempat agar pemasarannya lebih meluas bukan hanya di lokal tetapi juga global.

Dengan tujuan tersebut, kata Firdaus, harus ada korelasinya antara jumlah produksi, jangkauan pasar dan keuntungan yang nantinya diperoleh.

Ia mengatakan tidak hanya dengan Hotel Dafam pihaknya bekerjasama memasarkan produk UMKM, hal tersebut ditindaklanjuti dengan menggandeng hotel-hotel yang ada dan juga Asita di daerah setempat.

"Kita akan bekerjasama dengan Asita untuk mempromosikan produk ini keluar daerah dengan tujuan memperluas jangkauan pasar," kata dia menerangkan.

Peran Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Provinsi Riau, kata dia, dapat mempromosikan produk keluar daerah maupun kepada wisatawan yang ingin berkunjung.

Sejalan dengan promosi pariwisata dengan tagline " The Homeland of Melayu" Pemerintah Provinsi Riau menarget daerah setempat menjadi destinasi wisatawan, diharapkan dari kunjungan wisatawan juga meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat salah satunya dengan industri ekonomi kreatif seperti produksi UMKM.

"Jadi UMKM ini punya rumah produksi, kita survey dan fasilitasi agar nanti dapat dikunjungi para wisatawan," ujar Firdaus.

Hadir di tempat yang sama General Manager Hotel Dafam, Ade Satria mengaku senang dengan keterlibatan pihaknya untuk memasarkan produk-produk lokal.

"Kami mensuport mengenai kerja sama ini untuk membantu memasarkan produk tersebut, dengan memajang diseluruh erea hotel dan tamu bisa melihat," katanya.

Dikatakannya, pajangan produk UMKM memberikan keindahan dan keunikan dekoratif area hotel. Dari pantauan Antara terlihat lukisan, sovernir, songket dan produk lainnya terpajang diarea tersebut.

"Kerjasama ini sejalan dengan program hotel yakni membantu kegiatan-kegiatan masyarakat," katanya pula.