Hadapi Ancaman Karlahut, Pemkab Inhil Resmikan Program Desa Siaga Api

id hadapi ancaman, karlahut pemkab, inhil resmikan, program desa, siaga api

Hadapi Ancaman Karlahut, Pemkab Inhil Resmikan Program Desa Siaga Api

Tembilahan, (Antarariau.com) - Program Desa Siaga Api di Indragiri Hilir, Provinsi Riau telah diresmikan guna menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten setempat.

"Program Desa Siaga Api ini diresmikan dengan penandatanganan MOU antara kelompok Tani Usaha Karya dan kelompok Tani Usaha Maju Desa Tanjung Simpang dengan PT THIP," kata Asisten I bidang pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Afrizal di Tembilahan, Selasa.

Ia mengatakan bahwa setiap tahun kebakaran lahan dan hutan masih saja terus terjadi dan mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Presiden Indonesia bapak Joko Widodo, diawal tahun 2016 ini telah mengingatkan kepada semua pihak agar bencana Karlahut tidak lagi terulang seperti tahun lalu dan dengan dibentuknya Desa Siaga Api di Indragiri Hilir ini, kebakaran lahan di daerah kita dapat dicegah," paparnya.

Ia menyampaikan program pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan melalui Desa Siaga Api yang dilakukan oleh PT THIP ini berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan.

"Program ini juga dilaksanakan guna mendukung program pemerintah untuk bebas asap 2016. Dalam Program ini, pelaksanaannya akan memberdayakan masyarakat lokal untuk pencegahan kebakaran dengan dukungan penuh Pemerintah Daerah dan Instansi berwenang lainnya," sebutnya.

Ia menyebutkan program Desa Siaga Api ini sangatlah penting karena dampak dari kebakaran hutan dan lahan sangat berbahaya bagi manusia, terutama bagi perempuan, anak-anak, dan kelompok manula.

"Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat desa sangat penting karena dapat mencegah, mendeteksi dini, dan mengambil tindakan penanganan kebakaran secara cepat. Program ini juga akan dievaluasi setiap tahun bersama pemerintah daerah dan instansi terkait lain," jelasnya.

Evaluasi ini, lanjutnya, dilakukan untuk memastikan efektivitas Desa Siaga Api sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia bebas kebakaran hutan dan lahan.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sangat mengapresiasi adanya program Desa Siaga Api sebagai bentuk kewajiban kalangan pengusaha perkebunan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Semoga hubungan kerjasama antara kelompok tani dengan pihak perusahaan dapat terjalin dan berkembang lebih baik," ujarnya.(ADV)