PLN Dumai Jamin Tidak Akan Lakukan Pemadaman Listrik Semala Ramadan

id pln dumai, jamin tidak, akan lakukan, pemadaman listrik, semala ramadan

PLN Dumai Jamin Tidak Akan Lakukan Pemadaman Listrik Semala Ramadan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - PT PLN Area Dumai siap maksimalkan pelayanan listrik pada bulan suci Ramadan 1437 Hijriah mendatang dengan melakukan pemeliharaan jaringan, pembersihan layangan dan pencegahan pencurian travo listrik.

Manager PLN Area Dumai Engkos Kosasih di Dumai, Selasa, menyebutkan, kegiatan pemeliharaan jaringan ini untuk memastikan kondisi jaringan baik dan tidak mengalami kendala dalam suplay listrik ke masyarakat pelanggan saat puasa nanti.

"Sebagai kesiapan pelayanan kelistrikan selama ramadhan dan lebaran nanti sudah kita lakukan kegiatan pemeliharan jaringan dan pembersihan layangan yang menyangkut di kabel serta antisipasi pencurian travo," kata Engkos.

Selain itu, pihaknya juga menjamin tidak akan melakukan pemadaman listrik selama ramadhan nanti karena kondisi sistem kelistrikan sudah terkoneksi dengan baik dan khusus Dumai tidak mengalami defisit daya.

Namun pemadaman tidak dapat dihindari jika terjadi akibat gangguan alam seperti angin kencang, petir atau karena manusia, misalnya bangunan dekat kabel, bermain layangan dan pemasangan antena televisi.

"Kita bisa pastikan listrik aman asal masyarakat memberi dukungan kepada PLN untuk bersama menjaga keandalan kelistrikan, karena hampir 70 persen pemadaman terjadi diluar kontrol petugas," jelasnya.

Dia juga berharap agar masyarakat mendukung penebangan pohon yang berdekatan dengan jaringan, kemudian memberi informasi jika melihat kondisi berbahaya pada travo dan senantiasa berhemat dalam pemakaian.

Penghematan listrik terutama diharapkan pada waktu tertentu untuk menghindari defisit akibat beban puncak, yaitu diantara pukul lima sore hingga delapan malam dengan cara mematikan satu lampu yang tidak perlu.

"Jika masyarakat mendukung hemat listrik tentu saja akan meningkatkan keandalan kelistrikan di Dumai dan sekitarnya sehingga bisa menghindari pemadaman akibat defisit," jelasnya.

Diketahui juga, PLN Area Dumai sebagai unit distribusi dan penjualan, lanjut dia, memiliki empat gardu induk yang berlokasi di Balai Pungut, Duri, Bagan Batu dan Dumai, kemudian terdapat 11 pembangkit yang tersebar di beberapa wilayah kerja.