Dekranasda Indragiri Hilir Kembangkan Berbagai Kerajinan

id dekranasda indragiri, hilir kembangkan, berbagai kerajinan

Dekranasda Indragiri Hilir Kembangkan Berbagai Kerajinan

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Indragiri Hilir akan terus mengembangkan berbagai macam kerajinan yang ada di daerah itu, terutama tenun,batik dan kerajinan tangan.

"Hal ini untuk mengambil peran dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan bagaimana peran dari Dekranasda untuk meraih pangsa pasar, tentu kita harus mampu meningkatkan kualitas dari pada produk yang kita hasilkan," kata Ketua Dekranasda Kabupaten Indragiri Hilir Zulaikhah Wardan di Tembilahan, Minggu.

Ia menyampaikan bahwa beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk itu adalah dengan mengikuti berbagai petatihan.

"Biasanya Provinsi Riau memiliki program pelatihan ini dan pesertanya berasal dari pengrajin kabupaten/ kota yang ada di Riau," ujarnya.

Selain itu ia mengatakan sesuai program Dekranasda Indragiri Hilir, pihaknya telah memberitahukan kepada seluruh kecamatan untuk mendata produk unggulan mereka dan prospek kedepan untuk di kembangkan dan diminta di daftarkan di Dekranasda.

"Kedepan, hasilnya bisa kita pasarkan di Deknasda dan instansi terkait dan kita berkoordinasi dengan Provinsi Riau," ucapnya.

Selain itu ia berharap adanya peningkatkan koordinasi SKPD terkait dan bersyukur kepada bapak bupati selama ini sudah memberikan bantuan dana melalui APBD untuk kegiatan Dekranasda.

"Tetapi memang kita sadari semua, kemampuan APBD sangat terbatas dan dirasakan sangat kurang, untuk itu supaya SKPD terkait bisa memprogramkan dalam rangka pengembangan kerajinan,produk-produk daerah seperti batik,tenun,anyaman dan lainnya," katanya. (ADV)