Sekda Ingatkan Fokus Penggunaan Dana Desa

id sekda ingatkan, fokus penggunaan, dana desa

Sekda Ingatkan Fokus Penggunaan Dana Desa

Koto Kampar Hulu, (Antarariau.com) – Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H. Zulfan Hamid menegaskan, agar penggunaan dana desa yang dialokasin oleh pemerintah pusat benar-benar digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Hal itu ditekankannya pada saat memberikan sambutan pada acara safari ramadhan Pemerintah Kabupaten Kampar di Mesjid Baitul Huda Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kamis (16/6) malam.

Zulfan menjelaskan, pemberian dana desa tersebut dimaksudkan untuk bisa membangun desa dan memberdayakan masyarakat desa.

“Penggunaan dana desa ini harus fokus pada tiga hal, yaitu untuk pembangunan Infrastruktur di pedesaan, membangun sarana dan prasarana desa, dan meningkatkan kapasitas ekononi desa,” jelasnya.

Zulfan juga menyadari keterbatasan kemakluman sarana dan SDM di desa dalam pengelolaan dana desa ini. Terutama dalam hal pelaporan. Untuk itu, Zulfan mengatakan Kepala Desa beserta perangkat-perangkatnya benar-benar harus memperhatikan administrasinya.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur perdesaan tersebut harus dilakukan dengan padat karya, sehingga dapat menyerap tenaga kerja dari warga yang masih kurang beruntung karena belum mempunyai pekerjaan tetap.

"Harus mengambil dari tenaga kerja setempat tidak boleh yang lain dari luar, begitu pula bahan material bangunan, sehingga uang tetap berputar di desa, tidak "lari" ke kota," katanya.

Dengan demikian, kalau infrastruktur desa sudah terbangun dengan baik, kemudian dana desa bisa untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti kegiatan pembangunan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (PDTA) dan juga pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun posyandu.

Selanjutnya, katanya, dana desa juga bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas perekonomian desa dengan membuat berbagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), toko desa, toko usaha pertanian dan usaha desa lainnya.

Dalam Safari ini, Pemerintah Kabupaten Kampar yang tergabung dalam tim Dua (2) juga melakukan urunan dari Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kantor, dan Bagian untuk bantuan masjid yang dikunjungi, setelah ditotal uang 10 juta pun bisa di kumpulkan oleh Tim ini.(ADV)