AOC Gaungkan Bus Trans Metro Layani Bandara

id aoc gaungkan, bus trans, metro layani bandara

AOC Gaungkan Bus Trans Metro Layani Bandara

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komoditas Operator Penerbangan (AOC) Pekanbaru mengaku, mulai mengaungkan keberadaan bus trans metro dalam melayani penumpang pesawat baik dari atau menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

"Alhamdulillah, sangat membantu sekali. Kita juga bisa beritahu penumpang ke Pekanbaru bahwa sekarang di Bandara Sultan Syarif Kasim II, sudah ada bus melayani sampai jam 21.00 Wib," papar Ketua AOC Pekanbaru, Wahyu Wijanarko di Pekanbaru, Jumat.

Tercatat, peresmian pengoperasian bus Trans Metro Pekanbaru dalam rangka uji coba trayek bandara setempat dilakukan langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar saat membuka Mukernas Organda 2016 pada Ahad (29/5).

Selama ini, Wahyu berujar, para relasi tidak hanya di dalam negeri, tetapi berasal dari luar negeri ketika mau berkunjung ke ibu kota Provinsi Riau dalam rangka tugas dan lain sebagainya, sering menanyakan jika mereka tiba pada malam hari dan pilihan transportasi.

"Waktu itu ada auditor satu maskapai negeri jiran, mau datang. Kalau saya tiba malam hari dengan beri tahu crew (pekerja) pesawat, selain taksi ada transportasi apa?. Tapi sekarang kita punya bus dan tinggal beritahu berbagai tempat pemberhentiannya di wilayah ini," terang dia.

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, maka penumpang maskapai begitu tiba di Pekanbaru, menjadi punya pilihan transportasi angkutan darat di wilayah tersebut karena selama ini setiap hari didominasi oleh taksi atau kendaraan pribadi.

Saat ini, kata dia, para penumpang operator transportasi udara tersebut tidak lagi dikuasai oleh kalangan menegah ke atas, akan tetapi semua golongan bisa mengunakan layanan burung besi.

"Mereka bisa tentukan sendiri transportasi mana dipilih, sebagai penunjang menuju suatu lokasi di Pekanbaru," ucap Wahyu.

Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Hasturman Yunus memastikan, bus Trans Metro Pekanbaru melayani penumpang pesawat dengan masuk ke bandara setempat setiap 15 menit sekali.

"Keberadaan bus Trans Metro ini, masih uji coba. Mereka cuma melewati bandara setiap 10 sampai 15 menit sekali," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Angkutan Perkotaan Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto sebelumnya mengaku, pihaknya telah siapkan sekitar 20 unit bus Trans Metro Pekanbaru dan dalam waktu dekat melayani penumpang di bandara setempat.

"Mungkin sekitar akhir Mei ini akan kita realisasikan bus trans metro masuk bandara, sesuai permintaan dari pengelola," paparnya.

Dia mengatakan, 20 unit bus trans metro tersebut merupakan bus baru dengan peruntukkan sebagai sarana angkutan umum massal dari total dihibahkan oleh Kementerian Perhubungan sebanyak 50 unit.

Sementara ini, dishubkominfo setempat telah menyiapkan trayek di Koridor yakni Pelita Pantai-Jalan Jenderal Sudirman-Bandara SSK II-Jalan Kaharuddin Nasution-Jalan Pasir Putih-Perumnas Pandau pergi pulang yang memungkinkan untuk dimasuki.

"Ini hanya untuk sementara saja, sebab kita perlu waktu untuk menyusun ulang koridor lain agar melewati bandara. Kedepannya terutama pada trayek yang memungkinkan masuk bandara akan kita lakukan," terangnya.