Inilah 29 Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Perlintasan Mudik Riau

id inilah 29, titik rawan, kecelakaan di, jalur perlintasan, mudik riau

Inilah 29 Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Perlintasan Mudik Riau

Oleh Diana Syafni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Provinsi Riau menginformasikan adanya 29 titik rawan kecelakaan di Wilayah Setempat untuk meminimalisir kejadian tersebut saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Ada 29 titik rawan di empat lintasan jalur mudik lebaran yang patut diwaspadai para pemudik," kata Kepala Dishub Riau Rahmat Rahim saat rapat koordinasi persiapan mudik dengan Dishub di seluruh Kabupaten/Kota se-Riau di Pekanbaru, Jumat.

Dari data yang diberitakan kepada Antara, 29 titik rawan tersebut dilihat dari peta informasi jalur mudik lintas utara Provinsi Riau yakni di KM 23.3 di depan Kantor Kepala Desa Sepahat, Simpang Pelintang Jalan Swadaya Dumai, KM 148.3 di Simpang Puncak Kecamatan Mandau, KM 114.3 di Kecematan Pinggir, KM 57.3 di Minas Barat, KM 39 di Lintas Pekanbaru, KM 9.5 di Simpang Muara Fajar.

"Di lintas utara pada umumnya dengan kondisi jalan, tikungan tajam, tidak terdapat bahu jalan, minimnya rambu di lokasi, marka, serta kondisi jalan menikung yang perlu diwaspadai," katanya.

Selanjutnya, peta jalur mudik lintas timur KM 3.5 Simpang Sepakat, KM 35.3 di Lintas Timur Pelalawan, KM 38.9 Lintas Timur Bandar Sekijang, KM 61.6 Lintas Timur dekat Simpang Eko 2 Kerinci Kanan, KM 118 di jalan Lintas Timur Desa Kuala Semundan Bandar Petalangan Pelalawan, KM 128.3 jalan Lintas Timur Pesaguhan Equator Pangkalan Lesung, KM 142.5 di jalan Lintas Timur Kecamatan Ukui dan rawan longsor ruas jalan Rengat.

"Kondisi jalur mudik di jalur lintas ini diantaranya tikungan tajam, kondisi jalan terjal, kondisi jalam bergelombang serta mobilitas di sekitar lokasi padat," sebutnya.

Untuk Lintas Barat terdapat di lokasi KM 27.00 Sungai Pinang, KM 36.9 di Air Tiris, KM 41.4 di Jalan Raya Bangkinang, KM 62.6 setelah Sp. Jembatan Timbang Rantau berangin, KM 90.8 Batu Besurat, KM 102. 5 perbatasan Sumbar, KM 104.3 di jalan Raya Tandun, KM 148.0 jalan Tuanku Tambusai Ujung Batu, dan KM 192.2 jalan Lintas Sumatera Desa Talikumain.

Dikatakannya , kondisi di lokasi tersebut minimnya rambu lalu lintas, jalan tikungan, lokasi rawan kecelakaan, serta jalan dalam kondisi baik sehingga menyebabkan pengendara melaju kencang.

Serta terakhir Lintas Selatan di lokasi KM 13 Teratak Buluh dengan kondisi jalan retak, bergelombang dan berlubang dibeberapa titik. KM 41 Salihan Darussalam, Kampar dengan kondisi tata guna lahan berupa pemukiman padat penduduk. Di KM 41.4 jalan Raya Bangkinang dengan kondisi jalan tikungan dan bergelombang, KM 127 Muara Lembu dengan kondisi jalan rusak cukup parah, KM 191 batas sumbar dengan kondisi jalan berlubang licin dan rawan longsor.

Berikut merupakan informasi titik rawan kecelakaan yang patut diwaspadai. Dishub Riau mengimbau dan memberikan tips mudik jalur darat diantaranya memeriksa kondisi kendaraan, membawa perlengkapan untuk keperluan jika kendaraan mengalami kerusakan, membawa obat-obatan, kotak P3K, makanan dan minuman, persiapan fisik dan emosi yang baik, menaati peraturan lalu lintas dan rambu-rambu jalan serta menyimpan nomor telpon penting yang bisa dihubungi saat darurat.