Jangan Naik Travel Berpelat Hitam, Kalau Kecelakaan Asuransinya Tidak Ada

id jangan naik, travel berpelat, hitam kalau, kecelakaan asuransinya, tidak ada

Jangan Naik Travel Berpelat Hitam, Kalau Kecelakaan Asuransinya Tidak Ada

Diana Syafni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mengimbau para penumpang untuk menggunakan bus travel resmi berpelat kuning dan tidak menaiki travel tidak resmi atau gelap yang berpelat hitam saat mudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Imbauan ini kita peruntukan pada masyarakat khususnya penumpang untuk tidak menaiki travel gelap saat lebaran," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Arifin HR di Pekanbaru, Sabtu.

Dikatakannya, imbauan ini berguna untuk menjaga keselamatan penumpang saat mudik karena dikhawatirkan travel gelap yang tidak memiliki izin resmi tidak bertanggung jawab terhadap keselamatan ketika terjadi insiden seperti kecelakaan.

"Misalnya terjadi insiden kecelakaan tidak ada asuransi karena mereka tidak resmi," sebutnya.

Dikatakannya, Travel gelap memanfaatkan momen Idul Fitri untuk menggaet penumpang karena ditengah padatnya arus mudik membuat angkutan umum resmi tidak sepenuhnya dapat mengakomodir seluruh jumlah penumpang.

Namun begitu, sebagai langkah antisipasi Dishub telah memprediksi lonjakan penumpang dan menyiapkan angkutan jalur darat sehingga peningkatan penumpang saat lebaran dapat diatasi.

Sedangkan, kata dia, untuk travel gelap, pihaknya bekerjasama dengan aparat kepolisian setempat akan melakukan razia lebih ketat untuk menjaring oknum tidak bertanggung jawab ini, jika tertahan maka akan diproses secara hukum.

"Bila ditemukan travel gelap saat lebaran, kami akan menahannya untuk diproses lebih lanjut di pengadilan," ujarnya pula.

Untuk bus resmi, kata Arifin, diantaranya jurusan Medan yang didinilainya sudah mendapatkan standarisasi pelayanan yang baik serta fasilitas. Sedangkan transportasi umum jurusan Sumatera Barat perlu ditinjau kondisi mesin dan kelayakan yang perlu perbaikan.

"Bus Sumatera Utara untuk kenyamanan sudah baik begitu juga dengan fasilitas seperti kursi penumpang sudah bagus," katanya pula.

Ada beberapa tips mudik yang disampaikan Arifin diantaranya, diharapkan penumpang untuk membeli tiket dikonter resmi perjalanan, kemudian penumpang agar menaiki bus di terminal resmi yang ada di wilayah setempat.

Ia mengatakan Dishub Pekanbaru berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap kenyamanan dan keaman perjalanan pemudik, sejumlah strategi tengah diatur sebagai persiapan mudik lebaran