150 Penarik Becak di Kediri Terima Jaminan Kematian Gratis

id 150 penarik, becak di, kediri terima, jaminan kematian gratis

150 Penarik Becak di Kediri Terima Jaminan Kematian Gratis

Kediri (Antarariau.com)- Sebanyak 150 penarik becak di Kediri, Jawa Timur, mendapat jaminan kematian gratis dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri, Wahyudi Purwanto, Sabtu, mengemukakan bahwa program pemberian jaminan kematian itu selama 30 hari ke depan.

"Ini employee volunteering program dan inisiatif kami memberikan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan gratis," katanya setelah kegiatan tersebut di Kediri.

Penarik becak yang diberikan program tersebut adalah mereka yang usianya belum 56 tahun. Sesuai dengan program kepesertaan, mereka didaftarkan dengan program paling rendah Rp1 juta sehingga iuran yang diberikan senilai Rp16.800,00 per orang.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa penarik becak pun mempunyai risiko saat menjalankan pekerjaannya. Risiko itu beragam, misalnya kecelakaan saat bekerja, seperti terserempet, tabrakan hingga menyebabkan yang bersangkutan meninggal dunia.

"Kami sadar akan kemampuan ekonomi mereka. Untuk membayar sendiri iuran BPJS Ketenagakerjaan masih mewah," ujarnya.

Namun, pihaknya tetap memberikan stimulus agar mereka juga mau melindungi diri sendiri. Jika mereka mengalami musibah dalam rentang waktu yang diprogramkan itu, keluarga mendapatkan bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Program tersebut berlaku 30 hari ke depan. Namun, dia berharap para penarik becak yang sudah terdaftar itu nantinya mau melanjutkan kepesertaannya.

"Kami berharap setelah 30 hari, mereka sukarela akan meneruskan, tetapi tentunya dengan biaya sendiri," ujarnya.

Wahyudi menyebutkan hingga kini kepesertaan aktif mencapai 64.000 yang merupakan penerima upah dari suatu perusahaan. Khusus tenaga kerja bukan penerima upah yang aktif hingga 6.000 orang.

Mereka dari tiga daerah wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kediri yang meliputi Kabupaten/Kota Kediri serta Kabupaten Nganjuk.

Pihaknya menargetkan pada tahun 2016 ada tambahan hingga 22.000 peserta untuk penerima upah, sedangkan yang bukan penerima upah hingga 15.000 peserta.

Untuk mencapai target itu, sejumlah langkah dilakukan, termasuk dengan memberikan program jaminan kematian gratis untuk penarik becak di Kediri.

Dalam kegiatan tersebut, para penarik becak juga langsung didata. Sebagian dari mereka mendapatkan kartu. Namun, ada yang masih menunggu sebab data mereka masih diproses.

Selain mendapatkan kartu, mereka juga mendapatkan paket bahan pokok yang diberikan sebagai salah satu bentuk perhatian dari BPJS Ketenagakerjaan Kediri.