Terkait Vonis Ringan, Kuasa Hukum Saipil Jamil Akan Diperiksa KPK

id terkait vonis, ringan kuasa, hukum saipil, jamil akan, diperiksa kpk

Terkait Vonis Ringan, Kuasa Hukum Saipil Jamil Akan Diperiksa KPK

Jakarta (Antarariau.com)- KPK akan memeriksa tiga kuasa hukum pedangdut Saipul Jamil dalam kasus dugaan suap kepada panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara berkaitan dengan vonis ringan untuk perkara pelecehan seksual remaja di bawah umur.

Plh Biro Hubungan Masyarakat KPK Yuyuk Andriati mengatakan, dua kuasa hukum yang diperiksa adalah Anita Sabara Sutphin dan Nazarudin Lubis sebagai saksi untuk tersangka BN (Berthanatalia Ruruk Kariman), yang merupakan rekan sekaligus pengacara Saipul Jamil.

Sementara seorang kuasa hukum lagi yang bernama Muh. Nazikin Hassan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka panitera PN Jakarta Utara Rohadi.

Kasus ini berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Rabu (15/6) di beberapa tempat terkait suap kepada Rohadi untuk mengurangi masa hukuman Saipul Jamil dari tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum.

Rohadi menerima Rp250 juta dari total "commitment fee" Rp500 juta agar putusan terhadap Saipul Jamil jadi jauh lebih ringan.

KPK sudah menetapkan empat orang tersangka, yakni Rohadi, Berthanatalia Ruruk Kariman, Kasman Sangaji, dan kakak kandung Saipul Jamil bernama Samsul Hidayatullah.

Majelis hakim PN Jakarta Utara yang diketuai Ifa Sudewi dengan anggota majelis hakim Hasoloan Sianturi memberikan vonis tiga tahun kepada Saipul Jamil pada 14 Juni 2016 karena terbukti melakukan pencabulan anak berdasarkan pasal 292 KUHP tentang perbuatan pencabulan terhadap sesama jenis.

Jaksa penuntut umum sendiri menuntut Saipul dipenjara selama tujuh tahun.