Kapal dari Dumai Dilarang Berangkat Menuju Filipina Guna Antisipasi Penyanderaan

id kapal dari, dumai dilarang, berangkat menuju, filipina guna, antisipasi penyanderaan

Kapal dari Dumai Dilarang Berangkat Menuju Filipina Guna Antisipasi Penyanderaan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pihak Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Dumai menerima Maklumat Pelayaran terkait larangan menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar antisipasi penyanderaan bagi kapal yang rute melintas ke perairan Filipina.

Kasie Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Barnabas F Tallu di Dumai, Selasa, menyebutkan, maklumat pelayaran (Mapel) tertanggal 24 Juni 2016 tersebut melarang keras syahbandar untuk menerbitkan SPB bagi kapal berbendera Indonesia yang akan berangkat menuju Filipina.

Mapel itu dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI untuk mengantisipasi terulangnya kejadian perompakan atau pembajakan dan penyanderaan yang diduga dilakukan oleh kelompok Abu Sayyaf. Kemenhub juga mengingatkan agar seluruh kepala pangkalan menyiapkan unsur kapal patroli dan melakukan pengawasan pengamanan pelayaran.

Kepada seluruh Kepala Dinas Navigasi agar mengintruksikan setiap SROP terdekat untuk memonitor dan relay indikasi atau berita marabahaya sedini mungkin.

"Dirjen Hubla Kemenhub mengeluarkan Mapel untuk mengingatkan kita agar mewaspadai kejadian perompakan yang sering terjadi di perairan Filipina," kata Barnabas.

Dijelaskan dia, permohonan SPB yang dikeluarkan pihaknya untuk kapal berbendera Indonesia sebagian besar menuju ke perairan Laut Cina Selatan dan tidak mengarah ke perairan Filipina.

Kapal yang menjadi korban penyanderaan diduga oleh kelompok Abu Sayyaf ini menurut dia kapal yang berangkat dari daerah Kalimantan menuju perairan Laut Sulawesi.

"Kapal yang berangkat dari Dumai biasanya menuju keluar perairan Batam dan tidak melintasi Filipina, namun kita tetap waspada dan menjalankan instruksi tersebut," jelasnya.