Asus Hadirkan Dua Model Chromebook Terbaru

id asus hadirkan dua model chromebook terbaru

Asus Hadirkan Dua Model Chromebook Terbaru

Jakarta (Antarariau.com)- Asus berkolaborasi dengan Google meluncurkan dua varian notebook terbaru yang dikemas dengan sistem operasi Chrome OS.

Notebook bernama Asus Chromebook tersebut ditujukan pada kalangan yang sangat dinamis dan memiliki mobilitas tinggi.

Chrome OS adalah sistem operasi besutan Google yang lebih diperuntukkan bagi kalangan muda seperti pelajar dan mahasiswa, serta para profesional muda yang kerap berkutat di dunia maya, dan banyak bekerja secara online.

Dua model Asus Chromebook terbaru yang hadir di Indonesia adalah Chromebook C201PA dan C100PA.

"Asus Chromebook adalah sebuah perangkat yang menyuguhkan kepada Anda sisi kepraktisan dari sebuah notebook," kata Juliana Cen, Country Group Leader Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA News, Rabu.

"Baik notebook maupun sistem operasinya dirancang agar dapat digunakan dengan sangat mudah, hemat baterai, dan portable sehingga sangat cocok dengan pelajar, mahasiswa dan profesional muda yang mencari kemudahan. Apalagi, Chrome OS juga relatif terbebas dari serangan virus," sambung dia.

Salah satu yang menarik dari sisi hardware adalah terletak pada kemampuan baterainya, yang diklaim bisa bertahan hampir sekitar 13 jam dalam penggunaan normal.

Dari sisi software, Chrome OS merupakan sistem operasi yang dibangun di atas proyek open source. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan dukungan aplikasinya, sebab Google telah menyiapkan berbagai macam aplikasi untuk mendukung aktivitas penggunanya.

"Untuk kebutuhan produktivitas seperti mengetik atau membuat file presentasi, pengguna bisa memanfaatkan Google App yang tersedia di Chrome OS," ujar Juliana.

"Kelebihan lainnya adalah, kita bisa melihat dan mengedit dokumen tanpa kehilangan formatting yang sudah dibuat sebelumnya, misalnya dengan Microsoft Office. Selain memproses dokumen secara online dari Google Drive, kita juga bisa membuatnya secara offline dan akan tersinkronisasi saat terhubung ke Internet," lanjut dia.

Juliana menambahkan, jika pengguna memerlukan ragam aplikasi lainnya, mereka bisa mengunduhnya melalui Web Store yang merupakan pasar aplikasi untuk platform Chrome OS yang mirip dengan Google Play Store.

"Menurut informasi yang saya dapat, ke depan, Google akan menyematkan Google Play Store di Chrome OS sehingga pengguna Chromebook bisa mengakses semua aplikasi yang ada di Google Play Store. Ini tentu sangat menarik," ujarnya.