Tingkatkan Efisiensi Operasional, SAP Gelar Kerja Sama Dengan RS Mitra

id tingkatkan efisiensi, operasional sap, gelar kerja, sama dengan, rs mitra

Tingkatkan Efisiensi Operasional, SAP Gelar Kerja Sama Dengan RS Mitra

Jakarta (Antarariau.com)- SAP Indonesia bersama PT Abyor International dan T-System menyediakan solusi dan sistem terintegrasi untuk PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan pengelola rumah sakit itu.

Selain guna meningkatkan efisiensi operasional dan biaya, sistem terintegrasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan media bagi pasien, menurut Mitra Keluarga Karyasehat dan SAP Indonesia dalam pernyataan pers bersama, yang diterima ANTARA News, Selasa.

Tujuan diimplementasikannya proyek ini agar Mitra Keluarga dapat meningkatkan layanan dalam mengolah informasi pasien dan operasional secara real-time, sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan dan mengoptimalkan realisasi pendapatan.

Sejak berdirinya pada tahun 1989, Mitra Keluarga tumbuh untuk mengembangkan salah satu jaringan rumah sakit terkemuka di Indonesia dengan mengelola 12 rumah sakit di seluruh wilayah DKI Jakarta, provinsi Jawa Tengah dan Timur.

Mitra Keluarga berencana menambahkan enam cabang lainnya hingga tahun 2019.

Solusi kesehatan ini memungkinkan Mitra Keluarga menjalankan rumah sakit secara real-time termasuk solusi operasional dan klinis, yang meliputi manajemen keuangan, pengadaan, persediaan, dan pasien, serta penagihan dan catatan medis elektronik (Electronic Medical Records - EMR), serta solusi Cerner i.s.h.med dari SAP, pada platform SAP HANA®.

SAP HANA adalah database in-memory dan platform aplikasi, yang mentransformasi kalkulasi bisnis yang panjang menjadi proses real-time.

Solusi terintegrasi untuk SAP Electronic Medical Record and Business Process Management ini memungkinkan Mitra Keluarga mengakses data real-time pada platform tunggal, memungkinkan satu sumber data klinis, organisasi dan data keuangan pada titik perawatan, guna menjadikan interaksi terhadap pasien lebih personal.

Sebuah contoh pusat EMR perusahaan kini telah tersedia pada berbagai perangkat mobile seperti tablet dan telepon pintar melalui SAP EMR Unwired.

"Di Mitra Keluarga, kami berusaha untuk bekerja membantu pasien kami menerima perawatan terbaik dengan memberikan pengobatan berkualitas kepada semua pasien. Namun, hal tersebut adalah tantangan besar tanpa adanya suatu sistem informasi yang terintegrasi," tutur Ir. Rustiyan Oen MBA, Direktur Utama Mitra Keluarga.

Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia, mengatakan,"SAP dikenal karena memiliki kedalaman dan keragaman pengalaman dalam mengembangkan solusi perusahaan dibidang kesehatan dan manajemen rumah sakit, dijalankan di berbagai lokasi dengan sistem yang rumit.

Pengalaman ini akan membantu Mitra Keluarga dalam memberikan pelayanan kesehatan dan pengalaman personal yang bernilai tinggi, sesuai dengan harapan konsumen kesehatan saat ini. Solusi ini juga akan menyederhanakan proses bisnis mereka, menciptakan manajemen rumah sakit yang lebih baik dan mencapai keunggulan operasional."

Dalam proyek ini dan proyek lainnya, SAP melisensi perangkat lunak, sementara mitranya Abyor International dan T-System bekerja untuk implementasi solusi.