Telkomsel: Lonjakan Trafik di Riau 25 Persen

id telkomsel lonjakan, trafik di, riau 25 persen

Telkomsel: Lonjakan Trafik di Riau 25 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Telkomsel sebagai operator selular terbesar menyebut, telah mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Lebaran 2016 di wilayah Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) termasuk Provinsi Riau yang diperkirakan mencapai 25 persen.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang atau selama Lebaran, trafik komunikasi pelanggan kami di Sumbagteng selalu naik rata-rata 20 sampai 25 persen per hari," papar General Manager ICT Network Operation Telkomsel Area Sumbagteng, Awal R Chalik di Pekanbaru, Rabu.

Namun, lanjut dia, pihaknya telah melakukan antisipasi lonjakan trafik baik untuk voice atau layanan panggilan suara, lalu layanan SMS atau pesan singkat dan layanan broadband atau data.

Awal berujar, meningkat pemakain itu di Riau karena disebabkan masuknya pelanggan Telkomsel seperti dari Jawa, Kalimantan dan Sumatera melakukan mudik Lebaran khususnya ke 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat.

Pihaknya optimis dapat memberikan layanan terbaik secara maksimal terutama bagi kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi mengunakan operator selular tersebut, sebab telah dipersiapkan jauh hari.

"Baik komunikasi voice, berkirim pesan atau penggunaan internet. Tim kami, jauh-jauh hari sudah melakukan berbagai pengujian atau uji coba di beberapa jalur seperti jalur darat menghubungkan Riau dan Sumatera Barat," terangnya.

Dia mengaku, beberapa titik utama seperti bandara, terminal, tempat wisata, pusat keramaian, perbelanjaan seperti mal telah dipersiapkan peningkatan kapasitas jaringan hingga kenyamanan pelanggan berkomunikasi tetap terjaga.

Data pihaknya menyebut dalam hadapi Lebaran, operator selular itu telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas lebih besar secara nasional seperti "visitor location register" menjadi 65,5 juta, kapasitas SMS ditingkatkan lebih dari 81.500 pesan per detik dan lain-lain.

Untuk kapasitas layanan data di Sumatera, jaringan selular tersebut telah memiliki lebih dari 26.300 BTS baik 2G, 3G dan 4G, dimana lebih dari 40 persen diantaranya merupakan BTS 3G, ditambah dengan lebih dari 580 BTS 4G mampu melayani data hendak ditransmisikan mencapai 915 TB.

"Penyediaan jaringan di titik utama seperti Taplau di Padang, Jam Gadang di Bukittinggi, Salo di Kampar, beberapa mal di Pekanbaru, bandara dan pelabuhan di Batam dan lainnya, sudah kita siapkan termasuk mengantisipasi lonjakan trafik," kata Awal.

Manager Network Service Tekomsel Area Pekanbaru, Artha Abimanyu menambahkan, layanan 4G selular tersebut di wilayah Pekanbaru saat ini baru "meng-cover" sekitar 80 persen dengan jumlah pelanggan mencapai 35 ribu lebih dari total 4 juta pelanggan 3G untuk kecepatan mencapai 20 Mbps.

"Tapi layanan 4G ini masih membutuhkan edukasi di Riau secara intens ke pelanggan dari total pelanggan aktif kami di Sumbagteng berjumlah sekitar 13 juta," katanya.