Jumlah Penumpang Pesawat Bandara SSK II Pekanbaru Naik 16 Persen

id jumlah penumpang, pesawat bandara, ssk ii, pekanbaru naik, 16 persen

Jumlah Penumpang Pesawat Bandara SSK II Pekanbaru Naik 16 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengalami peningkatan sekitar 16 persen pada sepekan jelang Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Jumlah penumpang per hari selama lima hari terakhir mencapai 10.352 orang yang datang maupun berangkat dari Pekanbaru. Ada kenaikan sekitar 16 persen dari hari-hari biasanya," kata General Manager PT Angkasa Pura II pada Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Jaya Tahoma Sirait, kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Meski begitu, ia mengatakan tingkat okupansi atau keterisian pesawat masih sekitar 85 persen. Artinya, Jaya mengatakan masih banyak kursi yang tersedia untuk melayani pemudik dari dan menuju Bandara Pekanbaru.

Ia memperkirakan puncak arus mudik pengguna pesawat di Bandara Pekanbaru akan mencapai puncaknya pada H-3 dan H-2 Lebaran.

"Diprediksi puncak arus mudik pada H-3 dan H-2, prediksi jumlah penumpang sekitar 11.800 hingga 12.500 orang," katanya.

Pada awal Ramadan lalu, Jaya Tahoma menyatakan prediksi jumlah penumpang pesawat pada Lebaran tahun ini yang melalui Bandara Pekanbaru berkisar 14.600 hingga 15.000 orang setiap harinya. Menurut dia, akan ada kenaikan jumlah penumpang saat Lebaran berkisar 6-8 persen dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan penumpang yang diprediksi itu masih bisa diakomodir karena dari sisi kapasitas angkutan udara juga naik 18 persen pada tahun ini. Pada tahun ini ada dua maskapai yang melakukan penambahan jadwal penerbangan ke Bandara Pekanbaru untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan.

Dengan adanya penambahan penerbangan dari dua maskapai akan membuat frekuensi penerbangan angkutan Lebaran nanti rata-rata mencapai 78-82 penerbangan datang dan pergi per hari. Jumlah ini naik dibandingkan kondisi normal yang hanya mencapai 74 penerbangan, apalagi saat awal bulan Ramadan jumlah penumpang hanya sekitar 8.500 orang per hari.

Untuk memastikan layanan untuk pemudik, pengelola Bandara SSK II telah mendirikan satu unit posko terpadu Lebaran 2016 untuk memantau aktifitas transportasi udara di daerah ini yang difungsikan mulai H-12 Lebaran hingga 17 Juli 2016.

Mereka yang terlibat posko terpadu tersebut yakni petugas gabungan diantaranya dari otoritas bandara setempat, lalu aparat TNI Angkatan Udara setempat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Air Navigation dan Basarnas.

Letak Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2016 terdapat itu tepat berada di lantai dasar ruang terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II atau tidak jauh dari ruang terminal kedatangan penumpang domestik.