Ketua PGRI Riau Tekankan Pentingnya Menumbuhkan Minat Wirausaha Kepada Murid

id ketua pgri, riau tekankan, pentingnya menumbuhkan, minat wirausaha, kepada murid

Ketua PGRI Riau Tekankan Pentingnya Menumbuhkan Minat Wirausaha Kepada Murid

Oleh Agustine Sri Pamungkas

Pekanbaru, (Antarariau.com) – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau mengatakan perlu untuk menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan siswa sekolah.

“Sejak dibangku sekolah siswa sudah bisa mengenal dunia entrepreneur akan lebih baik, sehingga lulusan sekolah tidak hanya menciptakan buruh,”kata Ketua PGRI, Dr. Syahril, Rabu.

Menurutnya sekolah sudah harus bisa menggali dan memperkenalkan dunia usaha kepada siswanya apakah itu dalam bentuk praktik langsung maupun tidak langsung.

“Praktiknya tentu yang sederhana dulu, untuk lingkup sekolah, mengajari keterampilan,”lanjutnya.

Ia mengatakan hal ini mungkin lebih tepatnya untuk sekolah berbasis kejuruan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk sekolah umum karena kreativitas siswa bisa diasah dengan metode apapun.

“Jadi, anak-anak masih memiliki daya serap tinggi, guru juga harus kreatif apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini,”terangnya.

Dengan kondisi demikian ia berharap dari pihak guru dapat cepat tanggap menyikapi dan memanfaatkan teknologi untuk kretifitas murid.

“Guru juga perlu menggiring murid untuk menggunakan teknologi secara bijak dan tepat guna, jika demikian maka mau tidak mau guru juga dituntut kreatif,”jelasnya.

Ia menambahkan pemanfaatan teknologi dikalangan siswa saat ini memang diperlukan, bahwa usia anak sekolah sudah memegang gadget dengan tingkat kecanggihan yang bervariasi adalah kondisi riil saat ini.

"Teknologi sudah menjadi kebutuhan,kadang interpretasi guru menjadi lain ketika siswa asik dengan gadgetnya di kelas, tetapi tidak dipungkiri teknologi itu membantu mereka menambah wawasan,

hanya perlu kontrol dan pembatasan yang wajar dari guru,ada waktu-waktu tertentu yang diperbolehkan dan tidak"ulasnya.

Pada intinya ia mengatakan bagaimanapun perkemabnagan teknologi saat ini tidak dapat dihindari, tetapi pihaknya merasa perlu untuk mensiasati penggunaannya agar menjadi pengguna telnologi yang positif.