Safari Ramadan GCN di Dua Kabupaten, Restorasi Hutan Sambil Bersilaturahmi

id safari ramadan, gcn di, dua kabupaten, restorasi hutan, sambil bersilaturahmi

Safari Ramadan GCN di Dua Kabupaten, Restorasi Hutan Sambil Bersilaturahmi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Keberadaan PT. Gemilang Cipta Nusantara (GCN) sebuah perusahaan Restorasi Ekosistem Riau, diharapkan mampu memulihkan hutan yang terdegradasi akibat aktifitas perambahan dan pembalakan liar.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Safari Ramadan dan Buka Puasa Bersama perusahaan di bawah Grup APRIL dengan masyarakat di desa-desa di Kabupaten Pelalawan dan Pulau Padang, Kepulauan Meranti, Selasa (28/6).

Pada kesempatan sepuluh hari terakhir bulan Ramadan ini, GCN mengunjungi tujuh desa di antaranya Desa Segamai dan Dusun Sangar Pulau Muda, di Kabupaten Pelalawan Pelalawan, kemudian Desa Mengkirau, Desa Mengkopot, Desa Bandul, Desa Kudap dan Desa Dedap di Pulau Padang Semenanjung Kampar. Kegiatan tersebut diberlakukan berlangsung hingga Kamis, (30/6).

Kepala Desa Dedap, Mansyur: Bersyukur melalui kegiatan safari ramadhan digelar oleh perusahaan yang bergerak di bidang restorasi ekosistem ini. Ia berharap hutan yang ada di Desanya dapat pulih kembali dan memberi kontribusi positif terhadap anak cucu ke depannya.

"Tentunya kami sangat berterimakasih dengan kegiatan dari GCN ini, yang peduli dengan masyarakat melalui santunan anak yatim dan kami harapkan hutan kami bisa pulih kembali nantinya," katanya.

Estate Manager GCN wilayah Pulau Padang, Hartjahjo Ariawan: Safari ramadhan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kegiatan keagamaan masyarakat dan salah satu langkah membina komunikasi yang baik antara kedua belah pihak. Pihaknya juga memberi santunan kepada sebanyak 50 anak yatim dan membantu 60 Al-Qur’an untuk Masjid sekitar.

"Kegiatan ini wujud proaktif perusahaan dalam menjalin silaturrahim dan mempererat keakraban, sehingga keberadaan GCN ini dapat memberi manfaat bagi hutan dan masyarakat yang ada di sekitarnya," kata Hartjahjo.

Kemudian Estate Manager GCN wilayah Kampar Timur, Muhammad Iqbal mengatakan secara parallel, GCN wilayah Semenanjung Kampar juga menggelar kegiatan serupa dengan menyantuni sebanyak 20 anak yatim setempat.

Sebagaimana diketahui, GCN merupakan perusahaan swasta yang menindaklanjuti kepercayaan pemerintah dalam pengelolaan konservasi dan restorasi hutan dan lahan di Riau. GCN berkomitmen tidak akan mengambil hasil kayu dari upaya restorasi ini dan menggandeng sejumlah organisasi dan swasta di antaranya Fauna dan Flora Internasional, Bidara, Asia Pacific Resources International (APRIL) yang akan memberikan dukungan dana dan teknis untuk memastikan program tersebut berjalan dengan efektif dan efisien.