Sidak Marine Inspector Kemenhub, Armada Angkutan Laut Dumai Dinyatakan Siap

id sidak marine, inspector kemenhub, armada angkutan, laut dumai, dinyatakan siap

Sidak Marine Inspector Kemenhub, Armada Angkutan Laut Dumai Dinyatakan Siap

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Dumai, Provinsi Riau, menyatakan seluruh alat angkut dalam penyelenggaraan arus mudik lebaran jalur laut dinyatakan siap dan kondisi layak setelah dilakukan pengecekan.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Barnabas F Tallu di Dumai, Rabu, mengatakan, tim dari Marine Inspector Kementerian Perhubungan telah melakukan pemeriksaan dan uji petik alat angkutan lebaran.

"Tim marine inspector melakukan inspeksi mendadak dan memeriksa kesiapan seluruh alat angkut lebaran, dan hasilnya semua dinyatakan sudah siap dan layak," kata Barnabas.

Menurutnya, sidak tim pengawas ini dilakukan dengan mengecek seluruh peralatan navigasi, keselamatan dan pengecekan alat pemadam kebakaran yang terdapat diatas kapal angkutan lebaran.

Kunjungan Marine Inspector ini ke Dumai dalam rangka menjalankan intruksi Menteri Perhubungan RI agar melakukan pengawasan seluruh alat dan armada pengangkutan orang dan barang guna mengantisipasi lonjakan.

"Marine Inspector yang datang ke Dumai dibagi dalam empat tim untuk mengecek kesiapan armada kapal feri penumpang dan Roro, sekaligus melakukan tes alat pemadam api," jelasnya.

Dalam pelaksanaan angkutan arus mudik lebaran ini, pihaknya tidak mengingingkan adanya insiden, sehingga harus dipastikan semua siap dan mengantisipasi berbagai hal kendala.

Sementara, Dinas Perhubungan Kota Dumai menyiapkan sebanyak 297 personel pelaksana posko terpadu pelayanan dan pengamanan arus transportasi mudik Lebaran 1437 Hijriah.

"Seluruh personel akan fokus pada pengawasan di semua posko terpadu lebaran dan kita berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendukung kelancaran lalu lintas pada arus mudik tahun ini," sebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri.