Dinkes Riau Siagakan Dokter-Dokter di Posko Pelayanan Kesehatan Mudik Lebaran

id dinkes riau, siagakan dokter-dokter, di posko, pelayanan kesehatan, mudik lebaran

Dinkes Riau Siagakan Dokter-Dokter di Posko Pelayanan Kesehatan Mudik Lebaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau membuka pos pelayanan kesehatan guna membantu pemudik menyambut Idul Fitri 1437 Hijriah dengan nyaman.

"Sejumlah dokter jaga harus siaga di IGD, baik di RSUD Arifin Achmad, rumah sakit dan Puskesmas di kabupaten dan kota, dan tetap melaksanakan koordinasi bersama dengan pos kesehatan tim gabungan di Polsek-polsek setempat," kata Kadinkes Riau Andra 0Sjafril di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Andra, pos layanan kesehatan dibuka mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri 2016, juga tersedia petugas puskesmas yang siaga secara bergantian.

Ia mengatakan, untuk Dinkes Riau menjadi penyangga obat-obatan pelayanan dasar kesehatan. Puskesmas diperbolehkan mengajukan permintaan obat-obatan dengan menyampaikan permohonan secara berjenjang dari kabupaten dan kota terkait hingga ke tingkat provinsi.

"Selain Puskesmas, RSUD juga harus menyiapkan petugas petugas yang shift di IGD untuk pelayanan rawat jalan dan rawat inap," katanya.

Andra mengatakan, dalam tradisi mudik lebaran, masyarakat pulang ke kampung halaman masing-masing untuk bersilaturrahmi dengan keluarga.

Selama perjalanan mudik, para pemudik berpotensi mengalami gangguan kesehatan fisik karena kelelahan disamping terjadi lakalantas sehingga perlu disiapkan tenaga medis, peralatan dan obat-obatan.

Untuk RS kelas B yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik terutama untuk rujukan berjenjang.

"Memang ada pelayanan yang melalui proses rujukan berjenjang, akan tetapi selama mudik lebaran ini khusus untuk gawat darurat diberikan pelayanan kesehatan langsung tanpa menunggu rujukan," katanya.

Selain pemilik kartu KIS/BPJS Kesehatan, peserta Jamkesmas dan Jamkesda yang sudah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan diperkenankan masuk melalui IGD.