Inflasi Pangkal Pinang Tertinggi di Sumatera

id inflasi, pangkal pinang, tertinggi di sumatera

 Inflasi Pangkal Pinang Tertinggi di Sumatera

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statitik (BPS) Provinsi Riau, mencatat bahwa dari 23 kota di Sumatera pada Juni 2016 inflasi tertinggi terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar 2,14 persen.

"Kota Bengkulu, tercatat mengalami inflasi tertinggi kedua disusul Kota Banda Aceh," kata Kepala BPS Provinsi Riau, Mawardi Arsad, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, berikutnya setelah Aceh, adalah Muaro Bungo, sebesar 1,66 persen, dan Tanjung Pandan dan Batam masing-masing sebesar 1,46 persen.

Mawardi Arsad menyebutkan, inflasi terendah justru terjadi di Kota Padang yang tercatat sebesar 0,10 persen dan Meulaboh sebesar 0,16 persen.

"Dari 10 ibu kota provinsi se-Sumatera, inflasi tertinggi terjadi di Kota Pangkal Pinang," katanya.

Berdasarkan urutan inflasi kota-kota di Sumatera, kota-kota di Provinsi Riau berturut-turut adalah Tembilahan berada pada urutan ke-9, dan Dumai urutan ke-12, dan Pekanbaru berada pada urutan ke-20.

Sementara itu dari 82 kota IHK di Indonesia, semua kota juga mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi terjadi di Kota Pangkal Pinang, diikuti oleh Bima sebesar 1,86 persen, Jayapura sebesar 1,78 persen, dan Manokwari sebesar 1,77 persen.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Padang, diikuti oleh Singaraja sebesar 0,13 persen. Berdasarkan urutan inflasi dari 82 kota di Indonesia, Tembilahan berada pada urutan yang ke-31, Dumai urutan ke-35, dan Pekanbaru berada pada urutan ke-67.