Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Selama Mudik

id pentingnya menjaga, kesehatan mata, selama mudik

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Selama Mudik

Jakarta (Antarariau.com))- Banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang mudik, antara lain transportasi mudik, tiket, penginapan, pakaian serta perlengkapan lainnya. Sayangnya, kesehatan mata sering terabaikan. Padahal, kondisi mata yang sehat akan turut menunjang kelancaran mudik dan hari lebaran Anda. Oleh karena itu, dr. Faresa Hilda, SpM dari RSIA Evasari memberikan tip menjaga kesehatan mata selama mudik.

Sudah jelaskah penglihatan Anda?

Mungkin selama ini Anda tidak menyadari kurangnya tajam penglihatan pada mata Anda. Padahal selama mudik, mungkin Anda akan mengendarai kendaraan pribadi yang memerlukan penglihatan jauh yang cukup tajam. Tentunya akan berbahaya apabila berkendara dengan penglihatan yang buram.

Biasakan untuk memeriksakan mata dan tajam penglihatan Anda terlebih sebelum bepergian jauh. Kelainan refraksi (tajam penglihatan), seperti miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), presbiopia (rabun akibat proses penuaan) dapat dibantu dengan penggunaan kacamata yang tepat.

Bila sudah menggunakan kacamata, sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan ulang setiap tahun untuk mengetahui perubahan ukuran kacamata. Saat bepergian/mudik, tidak ada salahnya membawa kacamata cadangan untuk berjaga-jaga bila kacamata Anda rusak maupun hilang.

Jagalah kebersihan mata

Bagi pengendara motor, gunakan kacamata pelindung untuk menghindari kotoran/debu yang dapat mengiritasi mata. Iritasi mata dapat memicu terjadinya infeksi mata. Bagi perempuan yang kerap menggunakan riasan mata (eyeliner, mascara), selalu pastikan untuk membersihkannya sebelum tidur malam, dengan pembersih riasan yang aman bagi mata.

Jangan mengosok-gosok mata maupun membilasnya dengan air keran/air rendaman lainnya bila ada rasa mengganjal di mata. Obat tetes lubrikasi mata (artificial tears) dapat membantu membersihkan mata sekaligus menjaga kelembabannya. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter mata terdekat apabila ada keluhan yang sangat mengganggu (mata merah, belekan, nyeri, berair).

Perhatikan penggunaan lensa kontak

Untuk yang terbiasa menggunakan lensa kontak, sebaiknya penggunaan lensa kontak selama mudik/bepergian jauh dapat dibatasi terlebih dahulu. Cobalah menggunakan kacamata dengan ukuran yang tepat.

Penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan mata kering dan rentan mengalami iritasi serta infeksi, terutama bila kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Jangan menggunakan lensa kontak selama tidur. Gantilah selalu cairan pembersih lensa kontak setiap hari dengan cairan pembersih lensa kontak yang steril. Cucilah tangan sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak.

Perhatikan mata kering

Bepergian jauh menggunakan pesawat terbang dengan paparan air conditioner (AC) terus-menerus dapat menyebabkan mata kering. Hal ini tentu akan membuat tidak nyaman.

Cobalah untuk memejamkan mata selama beberapa menit, setiap 30 menit. Hal ini dapat membantu menjaga kelembaban mata. Penggunaan obat tetes air mata buatan (artificial tears) dapat pula digunakan untuk menjaga kelembapan mata.

Sumber: Gohitz