DPRD Riau Harap Tidak Ada Pembatalan Dalam Rencana Kedatangan Presiden

id dprd riau, harap tidak, ada pembatalan, dalam rencana, kedatangan presiden

DPRD Riau Harap Tidak Ada Pembatalan Dalam Rencana Kedatangan Presiden

Pekanbaru (Antarariau.com) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau menyambut baik rencana kedatangan presiden Joko Widodo (Jokowi) ke bumi lancang kuning untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia, sekaligus peluncuran Taman Nasional Zamrud di Kabupaten Siak.

"Kita berharap kedatangan presiden Jokowi kali ini tidak ada lagi pembatalan seperti sebelumnya. Presiden memang di jadwalkan akan datang untuk peluncuran Taman Nasional Zamrud dan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia," ungkap Sunaryo di Pekanbaru, Rabu.

Lebih lanjut dia katakan, pemerintah provinsi Riau bisa memanfaatkan momen kedatangan tersebut untuk berkonsultasi pada presiden Jokowi tentang masalah ground breaking tol Pekanbaru-Dumai. Dikatakannya lagi, semoga rencana kedatangannya tersebut bisa berjalan lancar.

"Semoga kedatangan beliau ke Riau ini benar-benar bisa terwujud nantinya, karena kita bisa memanfaatkannya untuk berkonsultasi," katanya lagi.

Sebelumnya gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sudah menghadiri rapat persiapan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Selasa (12/7). Turut dihadiri juga oleh Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Bupati Kabupaten Siak H.Syamsuar, Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto dan pejabat terkait lainya.

Andi Rachman menuturkan, pada rangkaian kegiatan peringatan HLH 2016 di Siak, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan pelepasan bibit ikan di Sungai Siak dan penanaman pohon, sekaligus meninjau Istana Siak Sri Indrapura.

Dalam menyambut peringatan itu, Andi Rachman juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bertekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar.

"Mari sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dengan tekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Go Wild for Life," ujarnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Presiden RI Ir Joko Widodo dijadwalkan akan datang ke Negeri Istana, Kabupaten Siak Provinsi Riau dalam rangka kunjungan kerjanya memperingati HLH Sedunia, sekaligus peluncuran Taman Nasional Zamrud pada tanggal 23 Juli 2016.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalaui Surat Keputusan (SK) Nomor 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016 tanggal 4 Mei 2016, telah menetapkan perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar/danau bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud.

Hari Lingkungan Hidup atau World Environment Day (WED) merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup. WED bertujuan untuk menginspirasi setiap orang di bumi untuk mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan hidup.

Oleh: Nella Marni