Bandung Dukung Pekanbaru Menuju Smart City

id bandung dukung, pekanbaru menuju, smart city

Bandung Dukung Pekanbaru Menuju Smart City

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Cita-cita Kota Pekanbaru menuju Kota Smart City di Wilayah Sumatera akan semakin cepat terwujud, pasalnya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendapat dukungan kuat dari kota besar dijawa yakni Bandung.

Kali ini tidak tanggung-tanggung Bandung akan menghibah aplikasi pendukung Smart City bagi Pemko Pekanbaru.

Dari 400 aplikasi Smart City yang telah diterapkan di Bandung, Pemko Pekanbaru bebas memilih aplikasi apa yang paling cocok diterapkan.

Pernyataan pemberian hibah aplikasi ini disampaikan langsung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus ST MT dalam komunikasi yang berlangsung lewat video conference (vicon), di ruang rapat wali kota Pekanbaru, Jumat (15/7).

Dalam vicon yang dilakukan, Ridwan Kamil didampingi pakar pemasaran Hermawan Kertajaya, sementara Wako Pekanbaru didampingi jajarannya di antaranya Sekretaris Kota (Sekko) Drs M Noer MBS SH MSi MH, Kadisperindag Ingot Ahmad Hutasuhut, Kabag Pembangunan Firmansyah Eka Putra dan Kabag Humas Rizal MAg.

"Kami mendukung penerapan Smart City di Pekanbaru. Kami siap menghibahkan aplikasi yang ada di Bandung untuk dipakai di Pekanbaru. Bandung memiliki 400-an aplikasi penunjang, Pekanbaru tinggal memilih," kata Ridwan Kamil.

Selain Smart City, Pemko Pekanbaru juga membahas kerjasama dengan Pemko Bandung untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Pekanbaru.

Serupa dengan dukungan terhadap Smart City, Ridwan Kamil juga menyampaikan komtmen untuk mendukung berkembangnya UMKM di Pekanbaru.

Pemko Bandung siap memberikan pembinaan terhadap UMKM di Pekanbaru dengan cara mengirimkan anak muda dari Bandung memberikan pelatihan untuk pelaku di Pekanbaru," paparnya

Masih menurut Wako Bandung yang kini menjadi Walikota terbaik dinasional selain Surabaya ini selain pembinaan, pendampingan juga nanti dilakukan terhadap UMKM di Pekanbaru dalam pemasaran hingga ke luar negeri.

"Hasilnya akan kami bantu memasarkan sampai ke luar negeri," janji Ridwan yang diamini Hermawan Kertajaya.

Di sisi sana Wako Pekanbaru menyambut baik terjalinnya kesepakatan ini dengan menjelaskan Pekanbaru sudah sejak lama juga menerapkan Smart City. Bisa dilihat dengan enam indikator, yakni smart government, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart mobility.

"Ini akan sangat baik bagi perkembangan Kota Pekanbaru," kata Firdaus.

Saat ini lanjut Firdaus penerapan konsep smart city dalam program yang dijalankan Pemko Pekanbaru sudah dapat dilihat dalam program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW). Pada program ini, sudah terbentuk database masyarakat Kota Pekanbaru hingga ke tingkat RW, dari RW database akan dikumpulkan di tingkat kelurahan, kecamatan hingga pada tingkat kota yang bisa diakses Wako melalui telepon pintar (smart phone).

Di tahun 2016, Kota Pekanbaru juga sudah menetapkan Kecamatan Rumbai sebagai pilot project penerapan program smart city. Nantinya Kecamatan Rumbai akan membangun sistem link terhadap semua data kependudukan, mulai dari tingkat RT/RW hingga ke Kecamatan. Rumbai dipilih karena memiliki sajian data kependudukan yang paling baik.

Menambahkan Wako, Kabag Humas Pemko Pekanbaru Rizal menyebut, realisasi kerjasama ini nantinya akan dikonkritkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

"Itu semua akan dibicarakan lebih detail saat pelaksanaan pertemuan Apeksi (asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) di Jambi bulan ini," katanya mengakhiri. (adv)