Tiga Pasar Tradisional Pekanbaru Akan Direvitalisasi

id tiga pasar, tradisional pekanbaru, akan direvitalisasi

Tiga Pasar Tradisional Pekanbaru Akan Direvitalisasi

Pekanbaru (Antarariau.com)-Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengusulkan dana revitalisasi bagi tiga pasar tradisional setempat kepada Kementerian Perdagangan untuk tahun anggaran 2017.

"Ini proposalnya sudah siap dan akan kami kirim ke pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pasar Pekanbaru Mahyudin di Pekanbaru, Minggu.

Mahyudin menyebutkan sebelumnya diawal tahun pihaknya sudah mengusulkan proposal bagi tiga pasar tersebut, namun seiring waktu ada perubahan petunjuk maka direvisi kembali dan siap di kirim balik.

"Katanya berakhir Juli ini maka kami gesa," kata dia.

Mahyudin menjelaskan saat ini hanya tiga pasar tradisional yang ada diwilayah Pekanbaru memenuhi kriteria untuk mendapatkan dana bantuan revitalisasi tersebut.

"Persyaratan utamanya lahan pasar harus milik Pemerintah Kota, bersertifikat dan syarat lainnya," terang dia lagi.

Ditempat yang berbeda Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut membenarkan kelanjutan tahun lalu pihaknya kini Mengusulkan tiga pasar direvitalisasi.

"Biayanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana Tugas Pembantuan (TP) melalui Kementerian Perdagangan," kata Ingot sapaan akrab media.

Ia menjelaskan tiga pasar rakyat yang diusulkan untuk dilakukan revitalisasi tersebut, Pasar Limapuluh Jalan Sultan Syarif Kasim, Pasar Tengku Kasim Jalan Tengku Kasim Rumbai, dan Pasar Teratai Jalan Teratai.

"Nilai anggaran bervariasi ada yang Rp15 miliar, Rp5 miliar, dan Rp10 miliar," kata dia.

Lebih lanjut jelas Ingot dari tiga pasar tersebut, Pasar Tengku Kasim yang berada di Kecamatan Rumbai direncanakan akan dibangun baru dengan anggaran senilai Rp15 miliar.

Sementara dua pasar lainnya menambah bagunan pasar yang pada tahun ini juga belum tuntas.

"Ditargetkan pembangunan dan revitalisasi bisa dilakukan 2017," tegasnya.

Sekedar informasi revitalisasi pasar merupakan program Presiden Joko Widodo. Dicanangkan, setiap tahunnya ada 1.000 pasar tradisional yang direvitalisasi dan target 5.000 pasar rakyat hingga 2019.

Sementara untuk Pekanbaru pada tahun 2016 sudah mendapat dana revitalisasi bagi Pasar Limapuluh yang diresmikan pada April 2016 lalu. Tidak kurang dari 102 kios direvitalisasi dengan menggunakan dana dari APBN sebesar Rp8,9 miliar.