Sampai Saat ini Pedagang Pasar Kodim Pekanbaru Belum Direlokasi

id sampai saat, ini pedagang, pasar kodim, pekanbaru belum direlokasi

Sampai Saat ini Pedagang Pasar Kodim Pekanbaru Belum Direlokasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pedagang di Pasar Kodim Kita Pekanbaru tepatnya yang berjualan di bahu Jalan Teratai belum direlokasi meskipun berdasarkan surat edaran dinas pasar sudah harus menempati tempat yang disediakan mulai Senin (25/7) ini.

"Belum, tadi pagi datang Satpol PP besok (Selasa, 26/7) katanya. Mungkin karena pagi orang sudah pada jualan, jadi besok aja. Tapi yang di Jalan Teratai Ujung ada yabg disurih pulang," kata salah seorang Pedagang Sayur, Riza (21) di Pekanbaru, Senin.

Dia sendiri mengaku kalau disuruh pindah akan menuruti saja meskipun harus memenuhi syarat tertentu. Syaratnya, kata dia, harus membawa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan Foto. Pada lokasi yang ditentukan akan diberikan kios.

Berdasarkan pantauan di lokasi tujuan relokasi yakni bekas gedung SD, terlihat petugas pasar Pemko Pekanbaru menerima pendaftaran. Petugas mengaku masih melakukan pendataan terkait pedagang yang akan menempati 150 kios yang disediakan.

Dalam beberapa kesempatan, melalui pengeras suara petugas juga melakukan imbauan agar pedagang tidak berjualan lagi di Jalan Teratai."Kalau tetap berjualan tanggung resiko sendiri," bunyi suara itu.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pasar mengeluarkan Surat Edaran no.260/ DP-PSP /2016 tentang Penertiban Pedagang Kali Lima. Surat itu berisi agar PKL yang menempati Daerah Milik Jalan (DMJ) halaman, rumah, dan toko sepanjang jalan teratai untuk mengosongkan tempat tersebut sehingga tidak ada aktivitas usaha perdagangan.

Daerah sepanjang jalan itu diharuskan kosong dari aktivutas berjualan selambat-lambatnya 24 Juli. Lalu kepada para pedagang yang tidak tertampung dalam lokasi yang ditentukan yakni Pasar Teratai Hygienis Madani yang agar menghubungi pengelola pasar Senapelan PT Peputra Mahajaya untuk dapat menempati los dan kios yang tersedia.

Salah seorang pedagang Semangka Kuning yang belum pindah menilai lahan yang disediakan pemerintah tidak sesuai dengan jumlah pedagang. Tentu dengan ini, kata dia, PKL komplain.

Belum lagi, kata dia kalau di sana siapa yang mau beli karena parkir dan belanjanya jauh. Kalau mau dipindahkan harus merata semuanya dipindahkan walaupun lapangan itu tidak sesuai.

"Pemda jangan separoh hati, atau cari dulu jalan keluarnya," ujarnya yang tak mau menyebutkan nama