Harga Mahal, Pedagang Sayur Merugi

id harga mahal, pedagang sayur merugi

Harga Mahal, Pedagang Sayur Merugi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Harga beberapa komoditas Sayuran di Pekanbaru melonjak hampir 50 persen sejak sepekan terakhir dikeluhkan para pedagang karena membuat hasil jualannya juga berkurang sampai setengahnya.

"Harga sayuran mahal sekarang, naik sudah seminggu. Pembeli juga berkurang sampai setengahnya," kata salah seorang Pedagang Sayur di Pasar Kodim Pekanbaru, Riza (21) di Pekanbaru, Senin.

Dia mencontohkan harga sayur Macoi per ikat dari Rp2.000 menjadi Rp3.000. Lalu Selada dari Rp2.000 menjadi Rp3.000, dan Sayur Kangkung Rp1.500-2.000 menjadi Rp3.000. Harga tersebut naik dibandingkan dengan sebelum lebaran.

Selain itu, harga sayuran yang juga naik adalah komoditas cabai dari Rp20ribuan per kilogram menjadi Rp38.000 sekarang ini. Cabai tersebut kgususnya yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Sementara itu, harga tomat masih di kisaran normal.

"Naik mungkin karena stok sedikit," kata Pedagang Cabai dan Tomat, R. Siregar.

Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengaku telah berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mengatur kestabilan harga sejumlah bahan pokok."Sebelumnya sudah dikoordinasikan, ini sedang diproses, kita harap dalam waktu dekat harga kembali normal, " kata Asisten II Sekdaprov Riau, Masperi.

Ia menilai, pedagang seharusnya sudah mulai menurunkan harga karena berdasarkan laporan yang masuk, stok sejumlah barang pokok sudah mulai cukup.

"Seharusnya harga sembako sudah turun soalnya "suplay dan demand" sudah mulai berimbang di Riau ini," tuturnya.

Dikatakannya, dalam proses pengembalian harga secara teknis Disperindag Riau akan bertanggung jawab langsung dalam pelaksanaannya, bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk pengendalian inflasi.

Sejumlah komoditas kebutuhan rumah tangga lain juga tengah mengalami kenaikan di pasar, diantaranya harga ayam ras yang hingga saat ini masih bertahan di harga Rp29 ribu sampai Rp30 ribu per kilogramnya, harga daging Rp120 ribu per kilogramnya dan harga gula pasir yang masih bertahan di harga Rp16 ribu sampai Rp17 ribu per kilogramnya, harga bawang putih melonjak hingga 32.000 per kilogram, beras hingga 12 ribu per kilogram.