Program Penghijauan Kota Bengkalis Dirusak OTK

id program penghijauan, kota bengkalis, dirusak otk

Program Penghijauan Kota Bengkalis Dirusak OTK

Bengkalis (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyayangkan adanya pihak yang tak bertanggung jawab telah merusak, bahkan menebang, pohon-pohon yang ditaman pemerintah untuk program penghijauan kota.

"Kami sudah berkeliling di sejumlah kawasan dan mendapati banyak sekali pohon-pohon yang sudah tumbuh besar, namun dikikis kulitnya dan bahkan menebanginya. Kami harapkan hal ini tidak lagi dilakukan, karena akan menimbulkan kematian pada pohon," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, Arianto di Bengkalis, Senin.

Menurut dia, dengan menanam pohon di pinggir jalan atau dilingkungan sekitar serta menjaganya, banyak manfaat yang akan diperoleh. Seperti suasana sejuk, kesegaran oksigen, terserapnya debu dan mendapat keindahan lingkungan yang hijau.

Ia mengatakan pemerintah daerah sangat berharap peran aktif masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau dan bersih.

"Karena dengan kita menjaga dua hal tersebut, sama halnya kita peduli dengan diri sendiri, keluarga dan orang banyak, agar terhindar dari sejumlah penyakit," ujar Sekda lagi.

Selain itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) ini juga berpesan, kepada para guru-guru, baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA), agar senantiasa mengingatkan siswa-siswinya tentang pentingnya kebersihan dan penghijauan.

"Tanamkan rasa cinta terhadap lingkungan kepada anak didik kita. Lakukan penghijauan di sekolah dengan baik dan jaga juga kebersihan lingkungan sekolah," katanya.

"Karena dengan demikian, peserta didik akan lebih nyaman menjalankan proses belajar-mengajar jika sekolah bersih dan hijau," lanjut Arianto.