Habis Kontrak, PLN Bagansiapiapi Datangkan Mesin PLTD Baru

id habis kontrak, pln bagansiapiapi, datangkan mesin, pltd baru

Habis Kontrak, PLN Bagansiapiapi Datangkan Mesin PLTD Baru

Rokan Hilir (Antarariau.com) - PT PLN Rayon Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mendatangkan 12 unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dengan kapasitas 7500 Kilo Watt.

"12 unit mesin sudah tiba dengan kapasitas 7500 KW yang merupakan mesin sewa baru. Sedangkan mesin sewa lama dikembalikan karena kontraknya sudah selesai," kata Manager PLN Rayon Bagansiapiapi Fery Sajun Naibaho kepada wartawan, Selasa.

Sementara itu sebanyak delapan unit mesin lama akan dibongkar dan dikembalikan dengan kapasitas 5.500 KW. Dengan demikian daya listrik PLTD saat ini Surplus sekitar 1.500 KW.

Fery mengatakan, untuk pemasangan mesin baru nantinya akan ada pemadaman disiang hari, namun jadwal pemadaman masih disesuaikan.

"Kami akan umumkan nanti karena terlebih dahulu harus membongkar mesin lama kemudian baru memasang mesin baru tersebut. Jadi butuh waktu dan diperkirakan akan beroperasi pada September 2016," katanya.

Dengan demikian nantinya tidak ada lagi pemadaman bergilir dialiran PLTD baik beban puncak maupun saat normal.

Selain itu dengan datangnya 12 unit mesin ini setidaknya dapat mengatasi defisit daya bagi pelanggan PLTD.

"Kalau pelanggan PLTA tetap dan sekarang juga jarang pemadaman. Bahkan tegangannya sudah lebih bagus dari sebelumnya," tuturnya.

Dia juga menambahkan, setelah Gardu Induk (GI) yang berada di Pedamaran selesai semua akan dialiri PLTA dan tidak lagi menggunakan PLTD.

"Kalau GI sudah selesai nanti tentu kita akan menggunakan PLTA karena dayanya lebih besar yaitu 15.000 Volt," demikian Fery Sajun Naibaho. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi