BPK Tetapkan Pekanbaru Sebagai Contoh Pemeriksaan Perencanaan Kerja

id bpk tetapkan, pekanbaru sebagai, contoh pemeriksaan, perencanaan kerja

BPK Tetapkan Pekanbaru Sebagai Contoh Pemeriksaan Perencanaan Kerja

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjadi salah satu wilayah yang dipilih untuk dilakukan pemeriksaan perencanaan kinerjanya oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Riau.

"Pekanbaru adalah satu dari tiga daerah di Riau yang dilakukan pemeriksaan perencanaan kinerja," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Senin.

Ayat menjelaskan Pemko juga sudah menjalin kerjasama dengan Badan BPK RI perwakilan Riau terkait pemeriksaan perencanaan kinerja pemerintahan setempat.

Ayat usai pertemuan menyampaikan, pembahasan yang dilakukan pihaknya dengan BPK RI Perwakilan Riau adalah "entry meeting" (rapat pendahuluan) untuk pemeriksaan perencanaan kinerja pemerintahan.

"Ada tiga kabupaten dan kota di Riau jadi sampel. Ini terkait sinkronisasi RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Provinsi dan Kabupaten Kota," papar Ayat.

Dalam pemeriksaan, sambung Ayat BPK RI meminta Pemko Pekanbaru menyiapkan berbagai dokumen yang yang terkait dengan perencanaan kinerja.

"Ada 19 dokumen tadi yang diminta disiapkan. terutama ada RPJP kota, visi dan misi, RPJMD, ada beberapa dokumen perencanaan, Rencana Kerja Anggaran (RKA), Daftar Perencanaan Anggaran (DPA) termasuk juga sampai pada harga satuan barang. Terakhir saya lihat ada profil kota," katanya merinci.

Ayat menanggapi kerjasama ini menyebutkan Pemko Pekanbaru menyambut baik rencana pemeriksaan ini.

Karena itu pula ia sudah memerintahkan jajarannya untuk segera menindaklanjuti apa saja yang menjadi permintaan BPK tersebut.

"Saya sampaikan agar semua dokumen disiapkan. Juga nanti pemeriksaan akan banyak wawancara. Bappeda ujung tombak perencanaan dan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) agar menyiapkan diri," sambungnya.

Berbeda dengan audit keuangan yang bermuara pada opini, pemeriksaan perencanaan kinerja pemerintahan ini nantinya akan berujung pada rekomendasi tertentu dari BPK. Untuk Pekanbaru.

"Rekomendasi tentang kinerja Pemko. yang diperiksa tahun 2014, 2015, dan 2016 sampai semester pertama," katanya menambahkan.