75 Persen dari 644 Tanah Dumai Siap Dibangun Rel KA

id 75 persen, dari 644, tanah dumai, siap dibangun, rel ka

75 Persen dari 644 Tanah Dumai Siap Dibangun Rel KA

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pelaksana lapangan PT Kereta Api Indonesia Eko Widi Wuryanto menyebutkan bahwa pembangunan rel kereta api trans Sumatera yang akan dimulai di Dumai akan melintasi 664 bidang tanah masyarakat setempat.

Ini dikatakan dia saat melaksanakan konsultasi publik pengadaan tanah pembangunan jalur kereta api trans Sumatera di Dumai, Selasa (26/7) kemarin di Kecamatan Dumai Selatan.

Dia mengatakan saat ini pihaknya baru menerima 75 persen dokumen lahan masyarakat dan pembangunan awal proyek nasional tersebut akan dimulai di Kota Dumai.

"Sebanyak 644 bidang tanah akan terkena lintasan pembangunan rel kereta api dan kita saat ini baru memproses 75 persen dokumen lahan yang sudah lengkap," kata Eko kepada wartawan saat itu.

Dijelaskan, proyek pembangunan jalur rel kereta api khusus di Dumai akan terbentang sepanjang 24 kilometer melewati enam kelurahan dan tiga kecamatan, yaitu, Dumai Selatan, Dumai Barat dan Bukit Kapur.

Sejauh ini pemerintah provinsi dan daerah juga telah mensosialisasikan rencana pembebasan lahan masyarakat yang terkena pembangunan trans Sumatera tersebut.

"Rel kereta api akan terbentang dimulai dari Kelurahan Bagan Keladi Kelurahan Purnama hingga Kecamatan Dumai Barat hingga ke Kelurahan Bukit Kayu Kapur Kecamatan Bukit Kapur," jelasnya.

Kepala Bagian Pertanahan Pemkot Dumai Syahrinaldi menambahkan, proses pembangunan jalur kereta api sudah pada tahap persiapan, dan rencana ganti rugi lahan sudah disosialisasikan ke masyarakat.

Menurutnya, pemerintah akan melakukan pembayaran ganti rugi lahan yang terkena proyek dengan nominal tinggi, namun hanya tanah dengan sisa dibawah 100 meter.

"Untuk sisa lahan diatas 100 meter pembayaran ganti rugi akan dikaji kembali karena jalur kereta api membutuhkan lahan sebanyak 20 meter per lajur, dan sisi kanan kiri yang dibebaskan hanya 15 meter," jelasnya.