Lanud Pekanbaru Ambil Bagian Dalam Pitch Black 2016 Di Australia

id lanud pekanbaru, ambil bagian, dalam pitch, black 2016, di australia

Lanud Pekanbaru Ambil Bagian Dalam Pitch Black 2016 Di Australia

Pekanbaru (Antarariau.com) - Skadron Udara 16 Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, menjadi wakil Indonesia untuk berpartisipasi dalam latihan militer gabungan Pitch Black tahun 2016 di Darwin, Australia.

"Saya cukup bangga karena Skadron 16 Lanud Pekanbaru yang menjadi wakil Indonesia untuk latihan yang melibatkan sejumlah negara itu," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Henri Alfiandi kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, Skadron Udara 16 yang diperkuat pesawat F16 mengirim lima unit pesawat tempur pabrikan Amerika dalam ajang latihan gabungan melibatkan 10 negara tersebut.

Selain itu, Skadron Udara 16 turut mengerahkan 12 pilot dan 50 personil pendukung serta teknisi guna memperlancar latihan gabungan itu. Seluruh pesawat tempur hari ini telah diterbangkan ke Lanud Iswahyudi untuk selanjutnya "standby" di Lanud Eltari, Kupang.

"Kemudian untuk personil lainnya juga diterbangkan hari ini menggunakan Hercules C-130," jelasnya.

Henri menuturkan bahwa pesawat dan personil pendukung akan berada di Lanud Eltari, Kupang hingga mendapat slot terbang dari militer negara Kangguru itu.

Latihan bersandi "Pitch Black 2016" itu sendiri akan diikuti 10 negara yakni Australia, Amerika Serikat, Indonesia, Perancis, Jerman, Belanda, Selandia Baru, Singapura, Thailand dan Kanada. Latihan gabungan itu akan berlangsung selama sepekan sejak 1 Agustus 2016 mendatang.

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru diperkuat oleh dua skadron udara. Selain Skadron Udara 16 yang diresmikan KSAU, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada Desember 2014 silam, "pasukan pemukul udara" itu juga sebelumnya telah diperkuat Skadron Udara 12 dengan kekuatan pesawat tempur Hawk 100/200.