Dongkrak Pendapatan Masyarakat, TNI Bangkinang Dan Mahasiswa Tebar Bibit Ikan

id dongkrak pendapatan, masyarakat tni, bangkinang dan, mahasiswa tebar, bibit ikan

Dongkrak Pendapatan Masyarakat, TNI Bangkinang Dan Mahasiswa Tebar Bibit Ikan

Bangkinang (Antarariau.com) - TNI Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, beserta mahasiswa setempat menebarkan bibit ikan ikan nila, lele, patin dan bawal di Telaga Biru.

"Ini jenis-jenis ikan sungai yang saat ini banyak dikonsumsi dan diminati pasar, sehingga bisa menjadi alternatif peluang usaha untuk mendongkrak pendapatan masyarakat," kata Komandan Batalion Infantri (Danyonif) 132/BS Letkol Inf Nurul Yakin di Bangkinang Kamis.

Jenis bibit ikan yang ditebar itu mudah didapatkan dan mudah dirawat dan dikembangkabiakan sehingga warga masyarakat juga mudah memelihara pada masa penggemukan, katanyai.

Diharapkan dengan penebaran bibit ikan tersebut maka masyarakat bisa memperoleh pendapatan baru untuk ekonomi keluarga.

"Upaya ini juga memperkenalkan budi daya ikan kepada para mahasiswa," tegasnya.

Menurut dia beberapa kajian menyebutkan perdesaan masih menjadi kantong kemiskinan di Indonesia.

Desa menjadi basis perekonomian Indonesia yang terus bertumbuh, artinya masyarakat desa yang sebagian petani cenderung lebih rentan terhadap kemiskinan, Ini tidak lepas dari kecilnya tingkat kepemilikan lahan petani dan kolam ikan.

Oleh karena itu, pihaknya membekali para mahasiswa dan prajurit Yonif 132/BS dalam bidang kewirausahaan atau bertani.

"Dengan melepaskan bibit ikan di Telaga Biru kami berharap menjadi alternatif peluang usaha untuk mendongkrak pendapatan rumah tangga masyarakat," katanya.

Ia juga menyarankan masyarakat agar memanfaatkan pekarangan untuk budidaya ikan.

Karena pemerintah juga saat ini sedang gencar mendorong masyarakat mengonsumsi ikan sebab selain murah dan mudah didapat sumber protein hewani ini menyehatkan,g rendah akan lemak jenuh, tinggi protein dan mengandung omega tiga.

"Ikan juga baik untuk program diet karena kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat dibutuhkan agar tubuh tetap sehat," kata Danyonif 132/BS.