Bupati Kampar: Jangan Takut Cuaca Di Mekah, Ada Allah Yang Melindungi

id bupati kampar, jangan takut, cuaca di, mekah ada, allah yang melindungi

Bupati Kampar: Jangan Takut Cuaca Di Mekah, Ada Allah Yang Melindungi

Tapung, Kampar (Antarariau.com) - Sehubungan cuaca ektrim yang nantinya dirasakan jemaah haji di Tanah suci mekah yang berkisar hingga 62 derajat celcius dan malamnya mencapai 58 derajat celcius Bupati Kampar H Jefry Noer mengatakan yakin saja diri kita dan dengan bantuan Allah Swt, jaga saja kesehatan kita, perbanyak mengkonsumsi air minum dan pergunakan waktu istirahat semaksimal mungkin.

Perbanyak sabar, dan saling memaafkan bagi pasangan suami istri dengan sungguh-sunguh, karena dengan demikian Semoga perjalanan ibadah Haji yang kita lakukan menjadi berkah dan membuat jemaah menjadi Haji yang mabrur. Demikian dikatakan Bupati Kampar H Jefry Noer ketika memberikan sambutan pada acara pelepasan Jemaah Haji sekaligus Pembukaan Manasik Haji Tahun 1437 H/2016 M sekecamatan Tapung dimesjid Raya Tapung Kecamatan Tapung, Kamis (28/7).

Ibadah haji merupakan ibadah yang cukup berat, di samping membutuhkan biaya yang besar juga kondisi fisik harus sehat dan kuat, karena dalam tataran pelaksanaannya diperlukan fisik yang kuat dan sehat. Jefry Noer yakin bahwa saudara-saudara dalam melakukan ibadah haji ini tidak didorong oleh hal-hal yang lain melainkan hanya karena Allah swt ujarnya.

“Jangan karena supaya dipuji orang lain atau untuk mencari harta kekayaan di Makkah sana, tapi saudara-saudara melakukan ibadah haji ini adalah didorong oleh iman dan rasa takwa yang sudah terhujam dalam lubuk hati," tegas Jefry Noer.

Ditambahkan Jefry Noer Banyak hal-hal yang mendorong timbulnya faktor ria dalam pelaksanaan ibadah haji, memberikan pesan moral agar bagi yang sedang melaksanakan haji jangan sampai berkata rafats atau mengeluarkanperkataan yang menimbulkan birahi yang tidak senonoh atau bersetubuh; jangan pula berbuat fasik; dan berbantah-bantahan.

Saudara nanti akan bertemu dan berkumpul dengan parajamaah haji seluruh dunia yang tentunya saudara nanti akan menjumpai banyak hal-hal yang tidak sama seperti paham saudara, mungkin dalam poster tubuh, bau tubuhnya, logat bahasanya atau dalam pelaksanaan manasek ibadah hajinya, janganlah saudara usil dan merasa benar sendiri. Yang terpenting adalah saudara menata dan memperbaiki diri sendiri serta melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya ungkapnya.

Untuk itu, para jamaah yang akan berangkat merupakan orang-orang terpilih dan beruntung. Perbanyaklah berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagai tempat maqbulnya doa, dan berdoalah untuk kemakmuran, kesejahteraan dan kedamaian masyarakat Kabupaten Kampar ujar Jefry Noer.

Untuk itu diharapkan kepada jamaah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan. Untuk menjadi perhatian kita bersama, ujian yang sering dialami para jamaah pada pelaksanaan ibadah haji adalah kesabaran, oleh karena itu seluruh jamaah agar lebih bersabar selama melaksanakan ibadah haji.

Harapan dan doa semoga pelaksanaan ibadah haji bapak-bapak dan ibu menjadi haji yang mabrur. Karena nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial ucapnya.

Jefry Noer juga berpesan Kepada pendamping Haji untuk mendahulukan kepentingan Jemaah Haji, kesampingkan kepentingan pribadi, karena tugas pendamping Haji adalah melayani keperluan Haji dan menjaga Jemaah haji dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pendamping haji ditunjuk oleh Pemerintah daerah hanya untuk mendampingi Jemaah haji tegasnya.

Hadir Tokoh Pemuda Kabupaten Kampar yang juga sebagai Ketua KNPI Rahmat Jevary Juniardo, dalam sambutannya Ardo mengatakan dirinya bersama Pendamping Haji akan mendampingi Jemaah haji yang beribadah haji, pendamping ada 7 orang dari Kabupaten Kampar, dan dirinya mengharapkan kerjasama dari jemaah haji nantinya.

Khairil S. Ag KUA Kecamatan Tapung dalam laporannya menyampaikan bahwa jemaah haji Kecamatan Tapung sebanyak 58 orang, yang pada awalnya 68 orang karena alasan tidak terpanggil dan Ada juga yang tidak layak dari segi kesehatan hingga ditunda kedua tahun berikutnya. Laki2 27 perempuan 31 orang.

Selain itu penyelenggaraan keberangkatan jemaah haji dikoordinasi oleh persatuan jemaah haji Kecamatan Tapung. Dengan demikian jemaah haji sepulang dari tanah suci mekah dapat memberikan kontribusi kepada jemaah yang belum menunaikan haji, dijadwalkan meraka berangkat ke Embarkasi Batam pada tanggal 17 agustus dan diberangkatkan pada tanggal 18 dan 19 agustus ungkapnya. (ADV)