Cegah Penyakit Pada Anak-anak, Dinkes Riau Gelar Program Gabungan

id cegah penyakit, pada anak-anak, dinkes riau, gelar program gabungan

Cegah Penyakit Pada Anak-anak, Dinkes Riau Gelar Program Gabungan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengajak masyarakat setempat untuk menyukseskan program gabungan campak tahun 2016 yang terintegrasi dengan pemberian vitamin A dan obat cacing untuk menghindari ancaman penyakit pada anak.

"Sesuai hasil kesepakatan pertemuan nasional Sosialisasi, Advokasi dan Koordinasi Crash Program Campak terintegrasi pemberian vitamin A dan obat cacing pada Jumat (15/7) lalu di Hotel Holiday, Bandung, telah disepakati pelaksanaan tiga kegiatan pada bulan Agustus," ujar Kepala Dinkes Riau Andra Sjafril di Pekanbaru, Jumat.

Lebih lanjut dia katakan, Crash Program Campak merupakan kegiatan integrasi dari tiga program, yakni imunisasi campak, pemberian vitamin A dan program penanggulangan cacingan pada anak. Dengan sasaran diujukan untuk usia 9 - 59 bulan.

"Sebagaimana telah disepakati pekan bulan imunisasi jatuh pada Februari dan Agustus. Pada Agustus 2016 ini ada tiga tahapan, diantaranya tanggal 1 -14 tahap pelaksanaan, 15-26 proses sweeping, dan 29-31 pelaporan," katanya lagi.

Kemudian disampaikan Andra, program kecacingan akan dilaksanakan di empat kabupaten/kota yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, dan Rokan Hulu. Sedangkan pada imunisasi campak akan dilakukan di tujuh Kabupaten dengan jumlah sasaran keseluruhan sebanyak 322.818 anak Riau. Diantaranya, Indragiri Hulu dengan peserta 38.447 anak, Indragiri Hilir 59.023 anak, Rokan Hulu 64.044 anak, Rokan Hilir 66.660 anak, Kepulauan Meranti 14.453, Bengkalis 52.491 anak dan Kuantan Singingi 27.700. Sementara untuk vitamin A akan dilakukan pada seluruh daerah kabupaten/kota provinsi Riau.

"Kenapa program cacingan dan campak tidak dilakukan pada seluruh kabupaten/kota provinsi Riau, dikarenakan wilayah yang tidak mendapatkan pada Agustus depan sudah dianggap bebas dari kedua penyakit tersebut," paparnya.

Sementara untuk persiapan disampaikan Andra, pihak Dinkes telah mempersiapkan diri dengan melakukan rapat-rapat koordinasi terutama pada lintas program terkait, antaranya Program Imunisasi, Program Gizi, Program Kecacingan dan Promosi Kesehatan (Promkes). Pelaksanaan program ini akan diselenggarakan di setiap posyandu sesuai jadwal pelayanan kesehatan masing-masing.

"Kita berharap dukungan dari semua pihak semoga Crash Program Campak ini bisa terlaksana dengan baik di Provinsi Riau sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Program ini sangat penting dilakukan untuk menghindarkan generasi penerus dari ancaman penyakit terutama campak, mata dan juga cacingan," lanjutnya.

Oleh: Nella Marni