Bupati Bengkalis: Sejarah Adalah Guru Dalam Kehidupan

id bupati bengkalis, sejarah adalah, guru dalam kehidupan

Bupati Bengkalis: Sejarah Adalah Guru Dalam Kehidupan

Bengkalis (Antarariau.com)- Sempena peringatan hari jadi Bengkalis yang ke-504, Pemerintah Bengkalis mengajak seluruh elemen di daerah itu untuk menjadikan momentum peringatan Hari Jadi Bengkalis, sebagai sarana untuk melihat sejarah masa lampau, agar mendapatkan hasil yang maksimal di masa depan.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyebutkan, kehidupan manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa yang akan datang.

"Sejarah adalah guru dan tauladan kehidupan. Tanpa sejarah kita akan menjalani hidup dan kehidupan ini dengan buta, karena lewat sejarahlah kita bisa mengetahui apa itu hidup yang sesungguhnya. Bagi kita masyarakat Bengkalis, salah satu guru dan tauladan kehidupan dimaksud, tentunya adalah sejarah negeri kita sendiri," ujar Amril Mukminin pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-504 Bengkalis di ruang sidang DPRD Bengkalis, Sabtu (30/7).

Menurut dia, tanpa mengenal sejarah, suatu masyarakat tak mungkin akan mengenal siapa dirinya dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini, sejarah adalah masa lalu. namun ianya merupakan aset yang paling berharga, karena sejarah merupakan sumber ilmu, serta sumber kebijaksanaan.

"Karena itu, tepat sekali jika sebuah kalimat bijak mengatakan, Membuang sejarah itu bagaikan membuang hasil-hasil penelitian berharga yang telah diteliti di masa lalu, dan mencoba meneliti dari awal tanpa refrensi masa lalu," katanya memberikan perumpamaan.

Ia menjelaskan,sejarah dengan identitas masyarakat memiliki hubungan timbal balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadian suatu masyarakat.

Melalui rapat paripurna istimewa DPRD Bengkalis ini, kami mengajak kita semua, untuk memetik nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam sejarah panjang negeri ini, yang hari ini sama-sama kita peringati untuk yang ke-504," katanya.