Wacana Bangun Rel Kereta Api Sumatera, Ini Tanggapan Mantan Wabup Kuansing

id wacana bangun, rel kereta, api sumatera, ini tanggapan, mantan wabup kuansing

Wacana Bangun Rel Kereta Api Sumatera, Ini Tanggapan Mantan Wabup Kuansing

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Masyarakat kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau merasa akan diuntungkan dengan adanya pembangunan jalur lintas rel kereta api di Sumatera, yang direncanakan oleh pemerintah.

" Ini sangat berdampak positif untuk kemajuan daerah," kata mantan Wakil Bupati Kuantan Singingi Zulkifli di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, adanya wacana dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk membangun jalur rel kereta api yang melewati sejumlah wilayah di Riau termasuk Kuansing sangat berdampak positif bagi daerah dan masyarakat untuk itu semua pihak termasuk pemerintah Kuansing mendukung penuh.

Semua instansi terkait memberkan respon positip, sejumlah desa yang tadinya jauh dari padatnya pemukiman penduduk justru nantinya akan berkembang pesat bahkan bakal ada perkampungan baru sebagai pembukaan isolasi daerah.

" Sebaiknya segera dibangun oleh pemerintah pusat," sebutnya.

Beberapa daerah yang pernah dilintasi jalur kereta api pada masa lalu dibuktikan dengan masih ada bekas lintasan khususnya Desa Logas Kecamatan Singingi, Tanjung Pauh Singingi Hilir dan Koto Kombu Hulu kuantan.

" Lintasan rel kereta api tidak berada di pinggir jalan raya ini, akan tetapi di daerah perbukitan dan dataran rendah, seperti dari logas tembus ke koto kombu terus ke muaro sijunjung," terangnya.

Salah satu warga Kuansing Ongah Reflizar mengatakan, semua masyarakat nantinya diharapkan mendukung proses pembangunan itu, karena tujuannya sangat positip dapat membuka isolasi daerah.

" Masih banyak wilayah Kuansing yang belum tersentuh akibat susahnya transportasi," ujarnya.

Menurutnya, namun pada saat pembangunan sebaiknya pihak perusahaan memanfaatkan tanaga lokal untuk bekerja sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat dan peluang kerja. (ADV)