Kendarai Motor Trail, Bupati INHU Jemput Aspirasi Warga

id kendarai motor, trail bupati, inhu jemput, aspirasi warga

Kendarai Motor Trail, Bupati INHU Jemput Aspirasi Warga

Rengat (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hulu, Provinsi Riau Yopi Arianto menggelar "touring" menggunakan sepeda motor trail untuk menjemput aspirasi langsung ke warga dalam menggali apa yang dibutuhkan mereka.

"Kegiatan menjumpai masyarakat dilakukan di sejumlah desa di Kecamatan Batang Cinaku," kata Humas Pemerintah Derah Indragiri Hulu Jawalter di Rengat, Minggu.

Ia mengatakan, Bupati Yopi Arianto didampingi sejumlah Muspida dan tokoh masyarakat langsung menyapa warga di daerah perbatasan Inhu dengan Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi yang selama ini sulit dijangkau.

Masyarakat sangat antusias menerima kedatangan tim touring, bahkan menyampaikan sejumlah aspirasi agar daerah mereka berkembang dan warga bisa sejahtera. Warga meminta pembangunan sejumlah fasilitas infrasruktur dan jalan.

"Aspirasi itu mendapat respon positif dari bupati dan akan dijadikan program prioritas," sebutnya.

Ikut serta dalam rombongan touring tersebut Wakil Bupati Inhu H Khairizal, Ketua DPRD Miswanto, Dandim 0302 Letkol Inf Mujibburahman Hadi, Kapolres AKBP Abas Basuni, Kajari Rengat Supardi serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu.

Jawalter juga menceritakan secara rinci kegiatan pada Sabtu (20/8) hingga Minggu (21/8) dengan menggunakan sepeda motor trail ini dimulai dari kediaman Bupati Inhu di Jalan Ahmad Yani Rengat sekitar pukul 08.00 Wib, Bupati H Yopi Arianto bersama rombongan langsung meluncur menuju Desa Kerubung Jaya, Kecamatan Batang Cenaku.

Tiba di Desa Kerubung Jaya sekitar pukul 11.00 Wib, Bupati H Yopi Arianto berkesempatan melepas lomba gerak jalan tingkat SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Batang Cenaku yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71.

Usai melepas lomba gerak jalan, Bupati H Yopi Arianto kembali melanjutkan touring menuju Desa Batu Papan, di desa ini, Bupati dan rombongan bersama masyarakat melakukan aksi penghijauan dengan penanaman pohon di area perkantoran desa.

"Touring pun kembali dilanjutkan menuju Dusun Lima Ratus yang berada di Desa Alim. Kedatangan Bupati H Yopi beserta rombongan disambut antusias masyarakat yang tampak terkejut, sebab kunjungan Bupati bersama anggota Forkopimda tanpa direncanakan alias dadakan," terangnya.

Bupati Yopi Arianto mengimbau kepada masyarakat yang akan membuka lahan agar tidak dengan cara membakar, hal ini untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi dan mengajak masyarakat untuk menggalakkan tanaman yang ramah lingkungan dan punya nilai ekonomis tinggi seperti karet, kopi dan sayur-sayuran.

"Pemkab Inhu akan terus mendukung upaya masyarakat untuk beralih menanam komoditas pertanian sehingga lebih ramah lingkungan dan mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan ekonomi masyarakat," ujar Bupati.

Bupati juga sempat bertemu dengan warga di Desa Alim, dari Suku Anak Dalam, bahkan saat berdialog melihat salah seorang anak yang menderita cacat bibir sumbing dan langsung menggendongnya.