Wacana Kenaikan Harga Rokok, Legislator: Perlu Pengkajian Lebih Jauh

id wacana kenaikan, harga rokok, legislator perlu, pengkajian lebih jauh

Wacana Kenaikan Harga Rokok, Legislator: Perlu Pengkajian Lebih Jauh

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ketua Komisi B DPRD Riau Marwan Yohanis menyatakan bahwa pemerintah harus mengkaji dampak positif dan negatifnya kebijakan menaikkan harga rokok secara mendalam agar tidak menimbulkan masalah sosial yang baru.

"Saya setuju jika pemerintah menaikkan harga rokok, namun mereka harus mengkaji dampak positif dan negatifnya secara mendalam, supaya tidak menimbulkan masalah sosial di tengah masyarakat kemudian hari," ujar Marwan Yohanis di Pekanbaru, Senin.

Marwan mengatakan hal itu terkait informasi yang tersebar di media sosial bahwa harga rokok akan naik hingga 100 persen. Dampak positifnya dengan menaikan harga rokok ini pemasukan negara menjadi besar dari cukai, sehingga APBN menjadi terbantu. Selain itu, menaikan harga rokok diharapkan daya konsumsi masyarakat untuk membelinya juga menjadi menurun, sehingga makin banyak warga hidup sehat.

"Positifnya konsumsi masyarakat terhadap rokok bisa menurun dan tingkat kesehatan bisa semakin tinggi seperti yang kita harapkan. Pemasukan negara juga semakin menggiurkan melalui bea cukainya," kata legislatif ini.

Namun dikhawatirkan masalah sosialnya, masyarakat cenderung melakukan tindakan kejahatan demi mendapatkan rokok. Remaja-remaja yang sedang kecanduan ditakutkan berani melakukan aksi pencurian.

"Naiknya harga rokok tentu menimbulkan orang berhenti merokok sesuai harapan. Kalau orang yang waras, mereka bisa berhenti saja merokok, namun jika yang nakal dan sudah kecanduan kita takutkan malah mencuri dan nekat melakukan tindakan kejahatan yang lainnya," ungkapnya.

Untuk itu pemerintah harus mengkaji secara mendalam lagi baik dari sisi positif dan negatifnya. Memang tujuan awal untuk meningkatkan pendapatan dan pemasukan negara. Namun Marwan menilai dibalik itu ada pabrik serta pedagang rokok yang dirugikan. Tentunya solusi dari masalah tersebut juga sudah disiapkan.

"Kita tidak hanya menambah pendapatan dan pemasukan negara semata tujuannya. Namun masalah sosial yang timbul pada masyarakat juga harus dikaji agar tidak bergejolak kemudian hari," katanya lagi.

Selain itu katanya, pemerintah juga harus mensosialisasikan kepada masyarakat kenaikan harga rokok tersebut, karena sebuah peraturan dan kebijakan itu sifatnya universal atau efeknya menyeluruh.