Wako: 2018 Dumai Akan Dialiri Air Bersih

id wako 2018, dumai akan, dialiri air bersih

Wako: 2018 Dumai Akan Dialiri Air Bersih

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Zulkifli As targetkan program pembangunan lanjutan infrastruktur jaringan air bersih bisa mulai dapat dinikmati atau mengalir ke rumah warga pada 2018.

"Dibanding tiga daerah lain, yaitu Rokan Hilir dan Bengkalis, Dumai sangat siap untuk menyelesaikan program air bersih karena sebelumnya sudah membangun infrastruktur dan ditargetkan rampung 2018 mendatang," kata Zulkifli, di Dumai, Senin.

Menurutnya, untuk kelanjutan pembangunan jaringan air bersih yang sempat terhenti pada 2010-2015 lalu ini, pemerintah daerah akan melaksanakan secara bertahap dan 2016 dimulai dengan inventarisir aset infrastruktur.

Proses panjang penyiapan infrastruktur air bersih ini, lanjut dia, karena pemerintah daerah mesti mencari sumber pendanaan dan payung hukum agar tidak bermasalah serta mengajak kerjasama swasta untuk pengelolaan.

Dijelaskan kepala daerah pilihan rakyat ini, lanjutan pembangunan infrastruktur air bersih mendapat dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat dengan sistem kerjasama beberapa daerah tetangga.

Selain itu, penyediaan program air bersih Dumai akan memanfaatkan air Sungai Rokan di Kabupaten Rokan Hilir sebagai sumber air bahan baku dan pemerintah kota akan menyerahkan pengelolaan dengan pihak swasta.

"Kita sudah menyiapkan lahan untuk lokasi pengelolaan air bersih ini dan diperkirakan pekerjaan lanjutan sudah dapat dimulai pada 2017 mendatang agar 2018 sudah bisa mengalir," terang dia.

Ia menyatakan untuk mewujudkan program air bersih ini membutuhkan proses panjang dan waktu, karena itu diharapkan dukungan masyarakat agar pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan sesuai rencana.

Diketahui, sebelumnya, satu calon investor dari PT Sriwindo Konstruksi Industri sudah pernah melakukan pertemuan dan pemaparan kerjasama pengelolaan air bersih dengan pemerintah daerah dengan menawarkan konsep air minum.

Direktur Marketing PT Sriwindo Konstruksi Industri Yunus Bhasfen mengatakan, pihaknya baru melakukan penjajakan kerjasama dengan pemerintah daerah dan menawarkan pemanfaatan air Sungai Masjid sebagai sumber baku air bersih tersebut.

"Kondisi Dumai air gambut dan kita menawarkan konsep mengarah ke air minum dengan pemanfaatan air sungai mesjid setelah dilakukan proses studi kelayakan dan penggunaan teknologi tinggi," kata Yunus beberapa waktu lalu.