DPRD Riau Surati Kemendagri Soal Pencalonan Istri Mantan Gubri Rusli Zainal

id dprd riau surati kemendagri soal pencalonan istri mantan gubri rusli zainal

DPRD Riau Surati Kemendagri Soal Pencalonan Istri Mantan Gubri Rusli Zainal

Pekanbaru (Antarariau.com) - DPRD Riau menindaklanjuti pencalonan Septina Primawati yang merupakan Istri mantan Gubernur Rusli Zainal sebagai ketua dewan setempat dengan mengirimkan surat ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri) melalui pemerintah provinsi.

"Kami mengirimkan surat kepada menteri melalui eksekutif, surat yang kami kirimkan lengkap dengan berita acara dan notulen sidang kemudian juga surat dari DPRD," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman di Pekanbaru, Senin.

Septina ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar untuk menjadi Ketua DPRD Riau yang kosong lebih dari setahun setelah ditinggal oleh Suparman yang mundur karena mengikuti pemilihan kepala daerah.

Penunjukan itu diterbitkan pada November 2015, namun baru ditindaklanjuti Dewan Pimpinan Daerah Golkar Riau pada awal Agustus 2016 ini.

Kemudian pengumuman pencalonan Septina Primawati sebagai Ketua DPRD Riau dilakukan dalam rapat paripurna pekan lalu. Noviwaldy mengatakan, setelah diumumkan pihaknya langsung memproses surat dari DPD I Golkar Riau dan kemudian mengirimkan surat pengusulan pengangkatan Septina Prinawati sebagai Ketua DPRD Riau ke Mendagri.

Pemerintah Provinsi Riau hanya bersifat meneruskan karena tidak mempunyai kewenangan. Namun proses selanjutnya memang tergantung pada Menteri berapa lama memproses surat tersebut hingga akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan.

"Tapi kami yakin Menteri Dalam Negeri akan cepat memproses karena kekosongan jabatan Ketua DPRD Riau ini sudah terlalu lama. Karena tentunya jika posisi pimpinan DPRD Riau lengkap akan semakin mempercepat dan memperkuat kinerja DPRD," ujarnya.

Selain itu, lanjut politisi Demokrat tersebut, lengkapnya empat posisi pimpinan DPRD Riau sudah sangat ditunggu. Pekerjaan yang selama ini dibagi tiga oleh tiga pimpinan akan terasa lebih ringan jika dikerjakan oleh empat orang pimpinan.

"Yang pasti pekerjaan akan lebih ringan lagi. Dan dengan begitu diharapkan pekerjaan dapat cepat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan," katanya.