Asisten II Inhil Hadiri Seminar Antisipasi Karlahut

id asisten ii, inhil hadiri, seminar antisipasi karlahut

Asisten II Inhil Hadiri Seminar Antisipasi Karlahut

Tembilahan, (Antarariau.com) - Asisten II Kabupaten Indragiri Hilir, Rudiansyah menghadiri seminar antisipasi terjadinya Karlahut Tahun 2017 di wilayah Provinsi Riau yang dilaksanakan di SPN Pekanbaru, Senin.

Seminar ini bertemakan "Sudah Saatnya Riau Peduli Gambut Guna Mengantisipasi Karlahut 2017 ". Kegiatan ini dihadiri juga oleh Waka Polda Riau, Bupati, Kapolres dan Dandim Se Riau.

Latar belakang diadakannya penyelenggaraan seminar antisipasi Karlahut tahun 2017 ini merupakan sebagai tindak lanjut program pembangunan sekat Kanal yang dilaksanakan oleh Polda Riau yang didukung oleh seluruh pemangku kebijakan diseluruh Riau.

Agar program ini berkelanjutan maka harus diikuti dengan kebijakan dan pemerintah daerah. Selama Tahun 2016 telah dibangun sebanyak 2.065 Unit Sekat Kanal.

Kebijakan yang efektif dalam mendukung program penanganan gambut yaitu dengan diterbitkannya peraturan gubernur Riau yang nantinya akan disusun berdasarkan dari hasil seminar ini.

Beberapa narasumber yang mengisi seminar ini diantaranya ialah DR Haris Gunawan sebagai Deputi Penelitian dan Pengembangan Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia.

Ia meyampaikan materi tentang kebijakan pemerintah terkait tata kelola lahan gambut pada lahan produksi baik untuk perkebunan, pertanian maupun hutan tanaman industri.

Selanjutnya Rustam sebagai Korwas Bidang Akuntabilitas Pemda BPKP Perwakilan Riau. Ia meyampaikan materi terkait sistem anggaran dalam mendukung kegiatan pembangunan fisik sekat kanal pada lahan gambut yang dibiayai oleh APBD Provinsi dan kabupaten/kota.

Supriyadi Sebagai Kepala Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup BAPPEDA Propinsi Riau menyampaikan materi terkait dengan perencanaan program Pemerintah Daerah Riau Dengan Penanganan Lahan Gambut.

Kemudian Elly Wardhani sebagai Kabag Produk Biro Hukum Provinsi Riau. Ia meyampaikan materi draf peraturan Gubernur Riau tentang penanganan kanal pada lahan gambut.(ADV)